Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei SMRC di Dapil V Jawa Tengah, 8 Nama Berpotensi Lolos: Puan Maharani hingga Henry Indraguna

Sebagai informasi, Jawa Tengah V adalah sebuah daerah pemilihan dalam pemilihan umum legislatif di Indonesia.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Survei SMRC di Dapil V Jawa Tengah, 8 Nama Berpotensi Lolos: Puan Maharani hingga Henry Indraguna
Ist
Hasil survei pemilu untuk anggota DPR RI di daerah pemilihan Jateng V yang meliputi Solo, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, oleh Syaiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan ada 8 nama yang berpotensi lolos ke Senayan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Syaiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei terhadap peluang partai politik dan calon legislatif dalam Pemilu di daerah pemilihan V Jawa Tengah, baru-baru ini.

Dalam hasil survei pemilu untuk anggota DPR RI di daerah pemilihan Jateng V yang meliputi Solo, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, oleh Syaiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan ada 8 nama yang berpotensi lolos ke Senayan.

"Jika pemilihan umum dilaksanakan hari ini maka ada delapan nama yang berpotensi masuk menjadi anggota DPR RI dari Dapil V Jawa Tengah, yakni Puan maharani (PDIP) unggul dengan 12,9 persen, Aria Bima 8,3 %, Eva Yuliana (nasdem) 3,2 %, Abdul kharis (PKS) 1,5%, Henry indraguna (Golkar) 1,2%, Muhammad hatta (PAN) 1,0 %, Agus supriyadi 1,0% dan Ahmad Abu Jazid 1.0 %," dalam keterangan SMRC seperti yang dikutip Warta Kota, Rabu (12/4/2023).




Survei SMRC ini melibatkan 410 responden dengan (margin of error) sebesar 5 persen dan dilakukan pada 3-9 April 2023.

Dalam pelaksanaan surve ini SMRC menggunakan metode Populasi seluruh warga negara Indonesia di Daerah Pemilihan JATENG V yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dalam survei ini ukuran sampel basis sebanyak 410 responden. Dengan metode multistage random sampling, dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ±5% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga: Survei ISC Jelaskan Empat Faktor Penyebab Prabowo Subianto Tertinggi dalam Survei Capres

Menanggapi hasil survey SMRC, politisi Partai Golkar, Henry indraguna bersyukur jika pada akhirnya bisa mengalahkan incumbent dan calon yang pernah lolos ke Senayan seperti, Singgih Januratmoko, Endang srikarti Handayani dan Eko Sarjono Putro.

BERITA TERKAIT

“Ya hasil survei menunjukkan pemilih yang jadi sampel memutuskan untuk memilih kami jika pemilu dilaksanakan sekarang," katanya.

"Ini sejalan dengan program program yang terus kita gulirkan selama ini di Dapil V jateng meliputi Klaten, sukoharjo, boyolali dan kota Surakarta."

Dapil V Jateng

Sebagai informasi, Jawa Tengah V adalah sebuah daerah pemilihan dalam pemilihan umum legislatif di Indonesia.

Daerah pemilihan ini terdiri 3 kabupaten dan 1 kota di Jawa Tengah. Sejak 2004, daerah pemilihan ini diwakili oleh delapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Wilayah Dapil V Jateng meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Surakarta atau Solo.

Pada Pemilu 2019 lalu, tercatat ada delapan politisi yang berhasil lolos ke Senayan dari dapil ini. Mereka adalah Aria Bima, Muchamad Nabil Haroen, Puan Maharani, Rahmad Handoyo dari PDIP.

Kemudian ada Abdul Kharis Almasyhari (PKS), Eva Yuliana (NasDem), Mohammad Toha (PKB), Singgih Januratmoko (Golkar).

Sumber: Warta Kota

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas