Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TNI AL Patroli Maritim Antisipasi Potensi Penyelundupan Jelang Lebaran 2023

Antisipasi potensi kegiatan ilegal khususnya praktik penyelundupan TNI AL gencarkan patroli di sejumlah perairan jelang musim libur Lebaran 2023.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in TNI AL Patroli Maritim Antisipasi Potensi Penyelundupan Jelang Lebaran 2023
Tribunnews.com/Fahmi Ramadhan
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali sebut pihaknya kerahkan pesawat Patroli Maritim antisipasi penyelundupan jelang musim lebaran 2023. (Fahmi Ramadhan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Antisipasi potensi kegiatan ilegal khususnya praktik penyelundupan TNI Angkatan Laut gencarkan patroli di sejumlah perairan jelang musim libur Lebaran 2023.

Patroli tersebut dengan mengerahkan pesawat patroli maritim (Patmar).

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, bahwa pihaknya telah memerintahkan prajuritnya agar tak mengurangi unsur-unsur kegiatan patroli jelang musim lebaran mendatang.

"Mereka tetap bersiaga sebagaimana biasanya dan dibeberapa tempat untuk menghindari penyelundupan yang marak, kita siagakan mereka baik di darat maupun di laut," tegas Laksamana Muhammad Ali kepada wartawan di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jum'at (14/4/2023).

Tak hanya itu bahkan Ali juga menjelaskan, bahwa Angkatan Laut juga akan mengerahkan pesawat patroli maritim untuk mencegah adanya upaya-upaya penyelundupan yang belakangan kerap terjadi.

Ali juga menambahkan, bahwa patroli itu menjadi bagian operasi Trisila yang memang selain ditujukan untuk menjaga batas-batas perairan dengan negara luar juga mengantisipasi kegiatan ilegal.

"Jadi kapal-kapal yang berpatroli, pesawat Patmar juga kita libatkan untuk melaksanakan surfilence guna menghadapi situasi perairan di wilayah perbatasan khususnya di perbatasan yang sering terjadi kegiatan ilegal khususnya penyelundupan," pungkas Ali.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas