Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siasat Licik KKB Serang 36 TNI saat Pencarian Pilot Susi Air, Libatkan Perempuan dan Anak-anak

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membeberkan siasat yang digunakan KKB Papua serang 36 prajurit TNI saat operasi pencarian Pilot Susi Air.

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Sri Juliati
zoom-in Siasat Licik KKB Serang 36 TNI saat Pencarian Pilot Susi Air, Libatkan Perempuan dan Anak-anak
Ist/Tribun Papua
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya dan Pilot Susi Air Capten Philip Mark Mehrtens - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membeberkan siasat yang digunakan KKB Papua serang 36 prajurit TNI saat operasi pencarian Pilot Susi Air. 

TRIBUNNEWS.COM - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membeberkan siasat Kelompok Separatis Teroris (KST) menyerang 36 prajurit TNI saat operasi pencarian Pilot Susi Air Philips Mark Mahrtens (37), Sabtu (15/4/2023). 

Baku tembak itu terjadi di wilayah Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Papua, saat TNI menyisir tempat diduga Pilot Susi Air disandera. 

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menggunakan trik dengan melibatkan perempuan dan anak-anak untuk menyergap prajurit TNI.

Pernyataan tersebut, disampaikan Panglima TNI saat gelar konferensi pers di Timika, Selasa (18/4/2023). 

"Ceritanya bahwa kejadian tersebut berawal dari pasukan kita 36 yang sedang beroperasi dalam pencarian terhadap informasi adanya lokasinya pilot." ujar Yudo, Selasa, dikutip dari YouTube Puspen TNI

Perempuan dan anak-anak tersebut dinilai Yudo dimanfaatkan untuk menjadi tameng agar prajurit TNI ragu melepaskan tembakan. 

Baca juga: Alasan Panglima TNI Tingkatkan Status Operasi Siaga Tempur Hadapi KKB di Nduga, Papua

"Di dalam perjalanannya dihadang dan kontak tembak KST (KKB Papua) yang dalam kontak tembak tersebut mereka memanfaatkan masyarakat dan anak-anak untuk menyerbu dari tembakan kemudian dari masyarakat khususnya ibu-ibu dan anak-anak untuk menyerbu dengan pasukan kita."

BERITA REKOMENDASI

"Sehingga pasukan kita dengan kondisi seperti itu ada salah satu jadi korban, Pratu Miftahul Arifin jatuh ke jurang 15 meter kemudian ditolong, " kata Yudo. 

Cerita yang disampaikan Yudo itu didapat dari kesaksian dua prajurit TNI yang selamat. 

Keduanya diminta Yudo untuk menceritakan atas kejadian yang terjadi.

"Kenapa saya sampaikan itu, karena tadi 2 orang (prajurit selamat) saya perintahkan datang ke Timika, saya tanyakan bagaimana posisimu kemarin kok bisa sampai seperti itu." 

"Mereka menceritakan bahwa kami dikepung dengan masyarakat dan anak-anak dengan teriak-teriak," kata Yudo. 

Kondisi tersebut, kata Yudo, yang membuat anggota TNI ragu untuk melakukan penembakan balasan.

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Tidak ada, saya kira tidak ada penambahan pasukan. Pasukan yang ada ini adalah pasukan rotasi.  Pasukan ini yang termasuk pasukan sudah hampir setahun bertugas. Tentunya ini akan kita tarik, kita rotasi pasukan yang baru, termasuk yang kemarin kita rotasi kemudian ada pasukan yang bertugas yang kemarin saya lepas itu. Ada yang dari Medan, Palembang, Kalimantan Tengah, Makassar dan Surabaya. Kemarin itu juga sama, rotasi tidak cuma di daerah-daerah rawan,  yang kemarin itu di daerah-daerah yang bukan daerah rawan ini.

 

Demikian disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. didampingi Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. saat konferensi perss (konpres) di Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Papua, Selasa (18/4/2023).
TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. didampingi Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. saat konferensi perss (konpres) di Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Papua, Selasa (18/4/2023). (TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI)

"Kemudian dari tiga sisi melaksanakan tembakan, nah mungkin itu yang membuat mereka bingung mengatasi antara harus menembak atau tidak," ujarnya. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas