Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rekomendasi Rakernas III PDI Perjuangan: Dorong Lemhanas Jadi Pusat Gembleng Calon Pemimpin Bangsa

Rakernas III PDIP merekomendasikan agar Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) diperkuat untuk menggembleng calon pemimpin.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Rekomendasi Rakernas III PDI Perjuangan: Dorong Lemhanas Jadi Pusat Gembleng Calon Pemimpin Bangsa
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala Situation Room PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan Komarudin Watubun dan sejumlah Kader PDIP berfoto bersama saat penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Sekolah Partai PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2023). Rakernas III PDI Perjuangan menghasilkan 17 poin rekomendasi yang diajukan ke publik dan 57 poin rekomendasi untuk internal yang diantaranya Rakernas III PDI Perjuangan mengapresiasi kinerja dan hasil-hasil pembangunan Pemerintahan Presiden Joko Widodo selama dua periode dan menginstruksikan kepada seluruh jajaran kader bekerja sama untuk memenangkan Calon Presiden 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan (PDIP) merekomendasikan agar Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) diperkuat untuk menggembleng calon pemimpin.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat membacakan 17 rekomendasi Rakernas III PDIP di kantor Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2023).




"Rakernas III PDIP mendorong pemerintah untuk memperkuat Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) sebagai pusat penggemblengan calon pemimpin bangsa atas cara pandang Geopolitik Bung Karno," kata Puan di lokasi.

Selain itu, Puan menegaskan Lemhanas juga harus dikembangkan sebagai pusat kajian kebijakan strategis nasional, khususnya kebijakan luar negeri dan pertahanan.

"Serta hal-hal yang berkaitan dengan upaya membangun ketahanan nasional Indonesia," ujarnya.

Dia berharap melalui kajian strategis tersebut seluruh inisiatif perdamaian telah melalui kajian mendalam sesuai prinsip-prinsip politik luar negeri bebas aktif.

BERITA TERKAIT

"Agar tidak menimbulkan berbagai kontroversi yang bisa menurunkan harkat dan martabat bangsa di dunia internasional," tegas Puan.

Diketahui, saat membacakan rekomendasi Rakernas III PDIP Puan didampingi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto, Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun.

Baca juga: Megawati: Kebersamaan di Rakernas III PDIP Menjadikan Kader Semakin Solid Menangkan Ganjar Pranowo

Rakernas lll PDIP sudah digelar sejak Selasa (6/6/2024) dan ditutup pada Kamis sore hari ini, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Adapun, tema Rakernas III kali ini adalah 'Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara'.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas