Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud MD Bicara Peningkatan Kerja Sama Dengan Korsel di Berbagai Bidang Termasuk Pembangunan IKN

Mahfud MD berbicara mengenai peningkatan kerja sama Indonesia dengan Korea Selatan dalam berbagai bidang termasuk pembangunan Ibu Kota Negara Nusantar

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Mahfud MD Bicara Peningkatan Kerja Sama Dengan Korsel di Berbagai Bidang Termasuk Pembangunan IKN
Tim Humas Kemenko Polhukam RI
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD pada acara peringatan kemerdekaan Ke-78 RI dan resepsi diplomatik memperingati 50 tahun hubungan kerjasama Indonesia-Korea, pada Kamis malam (31/8/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD berbicara mengenai peningkatan kerja sama Indonesia dengan Korea Selatan dalam berbagai bidang termasuk pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Mahfud juga menegaskan bahwa Indonesia dan Korea Selatan memiliki modalitas yang kuat dan unik dalam memajukan kemitraan strategis.

Modalitas yang dimaksud Mahfud yakni kedua negara memiliki banyak kesamaan nilai di antaranya demokrasi, ekonomi terbuka, cinta damai, penghormatan pada HAM, dan penegakan hukum internasional. 




Hal tersebut disampaikan Mahfud pada acara peringatan kemerdekaan Ke-78 RI dan resepsi diplomatik memperingati 50 tahun hubungan kerjasama Indonesia-Korea Selatan pada Kamis malam (31/8/2023). 

"Kedua negara dapat terus meningkatkan kerjasama yang berorientasi masa depan, tidak hanya pada isu-isu global, tapi juga isu-isu bilateral yang menjadi prioritas," kata Mahfud dalam keterangan resmi Tim Humas Kemenko Polhukam RI pada Jumat (1/8/2023).

Sejumlah isu prioritas yang dimaksud Mahfud antara lain ketahanan energi, pangan, dan infrastruktur seperti pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara

"Hubungan antar masyarakat juga harus terus diperdalam melalui interaksi antar parlemen, pebisnis, komunitas seni, akademisi, dan kelompok masyarakan lainnya," lanjut Mahfud.

Baca juga: Airlangga Ungkap Koalisi Indonesia Maju Ingin Sukseskan 2 Terobosan Jokowi, Termasuk IKN

BERITA TERKAIT

Duta Besar RI di Seoul, Gandi Sulistiyanto berharap penguatan kerjasama yang berorientasi masa depan terus berkembang, termasuk melalui pembangunan IKN. 

Sementara pihak Korea yang diwakili Ketua Komite Persahabatan Parlemen Korea-Indonesia, Kim Gi Hyeon, menekankan semakin penting dan strategisnya hubungan kedua negara dalam 50 tahun ke depan yang akan memberikan efek positif bagi negara-negara sekitar, utamanya dalam menjaga perdamaian dan menciptakan kemakmuran di kawasan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas