Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Minta Pihak Swasta Tingkatkan Kualitas Tanggap Darurat

Kepala Inspektur Tambang Kementerian ESDM Sunindyo Suryo Herdadi meminta agar perusahaan meningkatkan kemampuan tanggap rencananya.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pemerintah Minta Pihak Swasta Tingkatkan Kualitas Tanggap Darurat
Dok
Tim Rescue PT Putra Perkasa Abadi (PPA) beraksi mengevakuasi korban saat berlaga dalam kategori Road Accident Rescue ajang Indonesia Fire and Rescue Challenge (IFRC) ke-20 di Site Borneo Indobara Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Inspektur Tambang Kementerian ESDM Sunindyo Suryo Herdadi meminta agar perusahaan meningkatkan kemampuan tanggap rencananya.

Menurut Sunindyo, selama ini Pemerintah juga terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan tanggap bencana.

“Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang sangat kami dukung, karena menjadi ajang berbagi dan peningkatan skill tim tanggap darurat perusahaan. Ini juga bentuk dari keseriusan pemerintah meningkatkan kualitas pelayanan kita dari tim ESDM Siaga Bencana karena tantangan kita ke depan cukup kompleks,” ujar Sunindyo.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sunindyo dalam ajang Indonesia Fire and Rescue Challenge (IFRC) ke-20 2023 yang digelar di Site Borneo Indobara Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dalam ajang ini, PT Putra Perkasa Abadi (PPA) mempertahankan gelar juara umum.

Sebelumnya, PPA menjuarai ajang kompetisi keselamatan pertambangan setelah menyabet juara umum pada IFRC ke-19 di Banyuwangi, Jawa Timur, tahun lalu.

"Kami berharap prestasi ini akan memberikan inspirasi dan semangat kepada generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi dalam berbagai bidang,” ujar Direktur Operasional PPA, Joko Tri Raharjo.

BERITA REKOMENDASI

Joko mengungkapkan PPA juga ditunjuk sebagai tuan rumah ajang ke-21 tahun depan.

Ajang 21st IFRC 2024 rencananya akan digelar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Persiapan kami sebagai tuan rumah sudah mencapai 38 persen, mudah-mudahan tahun depan sudah siap digunakan untuk IFRC," ucap Joko.

Sebagai tuan rumah, PPA berkomitmen menyelenggarakan kejuaraan dengan standar tertinggi, menghadirkan infrastruktur memadai, serta memastikan pengalaman tak terlupakan bagi semua peserta.

PPA mengundang seluruh tim ERT dari berbagai daerah untuk bergabung dalam IFRC ke-21 tahun 2024

Seperti diketahui, IFRC ke-20 diikuti 24 tim tanggap darurat perusahaan tambang dan jasa kontraktor tambang seluruh Indonesia.

Baca juga: Daftar Barang yang Perlu Dimasukkan di Dalam Tas Siaga Bencana

Pada ajang ini, PPA meraih 5 medali emas dari delapan kategori yang dipertandingkan serta berhak atas trofi Kementerian ESDM.

Sebanyak delapan kategori challenge dilombakan pada kompetisi kali ini yakni High Angle Rescue (HAR), Structural Fire Fighting (SFF), Confined Space Rescue (CSR). Selanjutnya, Mud Rescue (MDR), Road Accident Rescue (RAR), Underwater Rescue & Recovery Challenge (UWRRC), Firefighter Combat Challenge (FCC) dan Firefighter Competency Test (FCT).
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas