Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Libur Nataru 2024, Korlantas Polri Cek Kesiapan Jalur Jawa Barat-Jawa Timur

Korlantas mengecek kesiapan jalur Pos Lalu Lintas Cikopo, Purwakarta-Jawa Barat hingga Pos Kalikangkung-Jawa Tengah.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jelang Libur Nataru 2024, Korlantas Polri Cek Kesiapan Jalur Jawa Barat-Jawa Timur
Istimewa
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai mengecek jalur Jawa Barat - Jawa Tengah jelang Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang berkaitan dengan kesiapan pengamanan Operasi Lilin 2023 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai mengecek jalur jelang Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang berkaitan dengan kesiapan pengamanan Operasi Lilin 2023.

Korlantas mengecek kesiapan jalur Pos Lalu Lintas Cikopo, Purwakarta-Jawa Barat hingga Pos Kalikangkung-Jawa Tengah.




"Hari ini kita melaksanakan survei untuk jalan tol maupun arteri kita sudah mendapatkan presentasi dari Pak Dirlantas Jawa Barat kemudian teman-teman dari pengelola jalan tol," kata Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023).

Dalam tinjauannya, Aan mengatakan Korlantas sudah menyiapkan strategi antisipasi jika terjadi kepadatan dan perlambatan mulai dari membatasi kendaraan angkut barang hingga skema contraflow.

Baca juga: Tol Japek Padat saat Puncak Arus Balik Nataru, Kendaraan Dialihkan Lewat Jalan Tol Japek II Selatan

Adapun pada titik pertemuan Cisumdawu dan Cipali di KM 152 yang berpotensi terjadi singgungan arus lalu lintas dari Bandung dan Jakarta, Korlantas juga menyiapkan penerapan contraflow untuk mengatasi kepadatan atau perlambatan lalin.

"Strateginya yang pertama kami akan mengusulkan dengan stakeholder untuk membatasi angkutan barang. Kami akan menambah kapasitas jalan melakukan contraflow mulai satu lajur dua lajur sampai tiga lajur," ujar Aan.

BERITA TERKAIT

Usai meninjau Pos Cikopo-Jawa Barat, dilanjutkan peninjauan ke KM 86 A yang sedang ada pekerjaan pelebaran jalan dan pengecekan di KM 153 A Entrance Cisumdawu-Cipali.

Lalu berlanjut ke Pos Lalu lintas Kalikangkung-Jawa Tengah.

Berdasarkan pemaparan otoritas setempat, jalur arteri di Pantura Tengah maupun Selatan berada dalam kondisi 90 persen rampung dan siap dilalui.

"Untuk jalur arteri baik itu Pantura Tengah, Selatan ini kondisi jalan 90 persen kondisi yang mantap bisa didahului," ucap dia.

Lebih lanjut, Korlantas Polri berpesan kepada masyarakat dan personel untuk waspada akan curah hujan di bulan Desember yang berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir atau tanah longsor.

Baca juga: Suasana Nataru, Legislator Golkar Lamhot Sinaga Bagikan 10 Ribu Bingkisan untuk Warga Sumut

"Antisipasi curah hujan jatuh di bulan Desember kemungkinan sudah ada hujan, dan saya tadi pesankan temen- temen wilayah Jateng untuk antisipasi genangan, banjir maupun tanah longsor atau bencana," tutupnya.

Dalam tinjauannya ini, Aan didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi terkait kesiapan pengamanan Operasi Lilin 2023.

Peninjauan jalur Nataru akan kembali dilanjutkan esok hari dari Semarang-Jawa Tengah menuju jalur Surabaya-Jawa Timur.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas