Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Muhadjir Effendy Harapkan Kampus di Daerah Penyangga IKN Berkontribusi Menyiapkan SDM Lokal

Ia menyinggung bagaimana peningkatan perekonomian daerah bisa didukung kualitas sumber daya manusia  atau tenaga kerja lokal.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Muhadjir Effendy Harapkan Kampus di Daerah Penyangga IKN Berkontribusi Menyiapkan SDM Lokal
ist
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengharapkan kampus-kampus dapat menjadi pusat unggulan yang membawa dampak terhadap pembangunan masyarakat di wilayahnya. Ini disampaikan saat kickoff Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan di Kampus Nusantara Universitas Gunadarma di Penajam Paser Utara, Jumat lalu 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengharapkan kampus-kampus dapat menjadi pusat unggulan yang membawa dampak terhadap pembangunan masyarakat di wilayahnya.

Ia menyinggung bagaimana peningkatan perekonomian daerah bisa didukung kualitas sumber daya manusia  atau tenaga kerja lokal.

Baca juga: Progres Pembangunan Rumah Jabatan Menteri di IKN 39 Persen, Konsepnya Klasik dan Modern

"Khusus kampus yang menjadi penyangga ibu kota nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara," katanya saat kickoff Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan di Kampus Nusantara Universitas Gunadarma di Penajam Paser Utara, Jumat.

Dikatakannya, posisi strategis Kabupaten Penajam Paser Utara  dalam konteks pembangunan IKN harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk peningkatan ekonomi daerah dan pengembangan SDM di PPU.

Secara umum, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang menaruh harapan besar agar universitas dapat memberikan kontribusi yang positif dan lebih besar lagi untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Baca juga: Dampingi Kunjungan Presiden di IKN, Dirut PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik dari Energi Bersih

Rektor Universitas Gunadarma Prof. E.S. Margianti mengatakan, Gunadarma menggandeng Pemkab PPU untuk pelaksanaan program dan melibatkan dosen dan mahasiswa pada program studi di luar kampus utama (PSDKU) yang sudah memulai perkuliahan untuk angkatan pertama di Kampus Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Penajam.

BERITA REKOMENDASI

“Berbagai kegiatan di Kampus Nusantara didedikasikan kapada masyarakat PPU, mulai dari penanganan stunting, penerapan TIK di sektor pendidikan dan pertanian, termasuk kegiatan berbagai hibah pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Gunadarma menjadi perguruan tinggi pertama yang membuka perguruan tinggi di wilayah penyangga IKN dengan 8 program studi jenjang sarjana yaitu Informatika, Sistem Informasi  Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil, Arsitek, Ilmu Komunikasi, dan Psikologi.

PJ Bupati PPU, Makmur Marbun merespon positif kehadiaran Universitas Gunadarma di PPU dan kegiatan yang diadakan selaras dengan fokus utama pemda, khususnya dalam mendukung pembangunan IKN.

Pemda PPU juga memprioritaskan peningkatan kontribusi UMKM yang mengandalkan tenaga kerja lokal  agar dapat menikmati kehadiran IKN untuk mensejahterakan pelaku usaha kecil dan peningkatan ekonomi daerah.

Baca juga: Ditargetkan Rampung Tahun Depan, Ini Progres Pembangunan 47 Tower Rusun ASN-Hankam di IKN

“Saya berharap PPU menjadi sumber pangan IKN, yang diantaranya dapat dipasok pelaku usaha kecil," katanya.

Ketua Pelaksana Program Pembinaan UMKM Gunarama, Prof Budi Hermana mengatakan, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mempunyai potensi besar sebagai penyuplai daging untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) di masa depan.

Proyeksi migrasi atau mobiliasi penduduk seiring pembangunan IKN perlu kesinambungan pasokan pangan, termasuk daging ayam.

"Peluang tersebut sudah mulai ditangkap oleh pelaku usaha di PPU. Potensi tersebut menjadi pertimbangan memilih sektor peternakan  sebagai penerima manfaat dari program pembinaan UMKM berbasis kemitraan," kata Budi Hermana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas