Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KKB Tembak 2 Pesawat, Satgas Damai Cartenz Tingkatkan Pengamanan Bandara di 9 Wilayah Papua

Sembilan wilayah yang ditingkatkan pengamanannya yakni wilayah Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Mimika, Jayawijaya dan Jayapura.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in KKB Tembak 2 Pesawat, Satgas Damai Cartenz Tingkatkan Pengamanan Bandara di 9 Wilayah Papua
Humas Polda Papua
FOTO FILE: Polres Nduga dibantu Satuan Tugas Damai Cartenz dan TNI meningkatkan patroli diwilayah setempat pasca penembakan, Jumat (26/5/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satgas Operasi Damai Cartenz meningkatkan pengamanan bandara di sembilan wilayah Papua pasca-penembakan dua pesawat oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kedua aksi penembakan oleh KKB itu diduga berkaitan dengan Pemilu 2024 yang sedang berjalan.




"Dugaan sementara peristiwa penembakan itu berkaitan dengan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 di Papua," kata Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangan tertulis, Senin (19/2/2024).

Sembilan wilayah yang ditingkatkan pengamanannya yakni wilayah Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Mimika, Jayawijaya dan Jayapura.

“Kami telah melibatkan aparat Keamanan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Ops Damai Cartenz-2024 untuk meningkatkan pengamanan dengan menambah perimeter di sekitar bandara yang ada di 9 wilayah daerah operasi," pungkasnya.

Saat ini, Faizal mengatakan pihaknya juga masih terus melakukan penyisiran dan mengejar anggota KKB wilayah Puncak yang diduga bertanggung jawab dalam aksi penembakan itu.

Baca juga: KKB Jadi Aktor Penembakan Pesawat Wing Air-Asian One di Papua

BERITA TERKAIT

Dua Pesawat Ditembak

Pesawat Wings Air IW-1646 ditembak orang tidak dikenal (OTK) saat mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Sabtu (17/2/2024).

Penembakan itu dilakukan di sisi kiri pesawat saat bersiap untuk mendarat dari Runway 25 menuju ujung kali Brasa sekira pukul 13.20 WIT.

"Informasi yang kami terima menyebutkan bahwa pesawat tersebut terkena tembakan di sisi sebelah kiri, yang menembus ke dalam badan pesawat," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya, Sabtu.

Benny mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan tersebut. Namun, satu prajurit TNI menjadi korban luka akibat peristiwa tersebut.

"Meskipun tidak ada korban jiwa, penumpang bernama Pratu Ongen mengalami luka lecet akibat terkena pecahan dinding pesawat," ucapnya.

Selain itu, pesawat Asian One Air dengan seri PK-LTF ditembaki orang tak dikenal (OTK) di Bandara Milawak, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Jumat (16/2/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas