Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Idrus Marham Sebut Syak Wasangka Harus Dihilangkan, Tidak Memberikan Nilai Positif

Politisi Golkar Idrus Marham menilai Syak Wasangka harus dihilangkan semua masyarakat. Sebab selain tidak baik, pikiran itu dapat mengganggu roda peme

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Idrus Marham Sebut Syak Wasangka Harus Dihilangkan, Tidak Memberikan Nilai Positif
Tribunnews/Rizki Sandi Saputra
Ketua Bappilu Partai Golkar Maman Abdurahman (kedua dari kanan) dan Ketua Dewan Penasihat Bappilu Golkar Idrus Marham (tengah) saat jumpa pers di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Selasa (24/10/2023) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politisi Golkar Idrus Marham menilai Syak Wasangka harus dihilangkan semua masyarakat.

Sebab selain tidak baik, pikiran itu dapat mengganggu roda pemerintahan.

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran itu melihat Syak Wasangka tidak bisa memberikan bobot positif. Baik itu secara perorangan maupun masif.

“Jika ditilik dari sisi agama, bersyak wasangka jelas dilarang. Iya cenderung disebut penyakit hati, masuk dalam keluarga besar sifat suudzon,” kata Idrus dalam siaran persnya, dikutip Jumat (23/2/2024).

Ia lantas merujuk surat Al-Hujurat ayat 12 yang berbunyi ‘Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu sekalian yang menggunjing sebagian yang lain.

Apakah ada di antara kalian yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Taubat, Maha Penyayang.’

Secara harfiah, dikatakan Idrus, jelas Syak Wasangka tidaklah dianjurkan. Bahkan surat itu kemudian tertuang dalam hadist Al Bukhari yaitu ‘Jauhilah prasangka buruk, karena prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta.’

BERITA REKOMENDASI

“Sebegitu jelas dan tegasnya hukum bersyak wasangka,” ujarnya.

Lebih lanjut mantan Sekjen Golkar itu juga mengatakan Syak Wasangka muncul karena mengedepankan kasus-kasus yang cenderung bersinggungan dengan "logika rasa" dari banyak orang.

Seperti kekhawatiran yang besar cenderung mencaplok yang kecil, kuat menindas yang lemah, dan seterusnya. Merembet sampai ke ruang rasa dizalimi, dicurangi, dan seterusnya.

“Akibatnya, tanpa disadari, Syak Wasangka cenderung berubah bentuk menjadi logika pelarian atas sebuah ketidakberdayaan,” tuturnya.

Meski terlihat subjektif, Syak Wasangka seperti bola salju. Menyebar ke hampir semua lini kehidupan, karenanya tidak heran sifat ini bertaburan di ruang sejarah, ruang perekonomian, sosial budaya, agama, apalagi politik.


Dalam kitabnya yang berjudul "The Paranoid Style in American Politics" terbit tahun 1964, lanjut Idrus, Hofstadter membahas urusan syak wasangka dan paranoid dalam politik Amerika dan memakmurkan permusuhan.

“Syak wasangka juga potensial membesar-besarkan pepesan kosong, atau merekayasa khayalan tentang adanya, konspirasi besar yang bertujuan menghancurkan nilai-nilai atau institusi yang dianggap penting,” kata Idrus mengutip pernyataan Hofstadter.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas