Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buka Rapim TNI AU 2024, KSAU Ingatkan Pesan Presiden Jokowi soal Tantangan Global

Marsekal Fadjar Prasetyo mengingatkan kembali pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal tantangan global yang semakin kompleks.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Buka Rapim TNI AU 2024, KSAU Ingatkan Pesan Presiden Jokowi soal Tantangan Global
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU Tahun 2024 di Gedung Puri Ardhya Garini Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (29/2/2024). (Fersianus Waku) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengingatkan kembali pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal tantangan global yang semakin kompleks.

Hal ini disampaikan Fadjar saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU Tahun 2024 di Gedung Puri Ardhya Garini Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (29/2/2024).




Fadjar mengatakan tantangan global bermacam-macam, mulai dari kondisi geopolitik yang sulit dikalkulasi hingga kelangkaan pangan.

"Sebagaimana disampaikan Presiden Republik Indonesia pada Rapim TNI-Polri kemarin bahwa saat ini kita menghadapi tantangan global yang sangat kompleks. Diwarnai dengan geopolitik dunia yang sulit di-kalkulasi, kelangkaan pangan akibat perubahan iklim hingga berdampak negara-negara maju yang berpotensi jati dalam jurang resesi," kata Fadjar dalam sambutannya.

Baca juga: Momen Prabowo dan Jokowi Saling Beri Hormat dalam Acara Rapim TNI-Polri 2024

Namun dia menegaskan Indonesia harus terus bersyukur karena di tengah berbagai kondisi global tersebut, perekonomiannya masih berada dalam kondisi yang kokoh.

"Bahkan tercatat sebagai tiga besar ekonomi dalam G20, dengan angka pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 sebesar 5,05 persen, serta inflasi yang terkendali di angka 2,57 persen," ujar Fadjar.

BERITA TERKAIT

Menurut Fadjar, hal tersebut salah satunya karena faktor stabilitas pertahanan dan keamanan di dalam negeri yang terus dipertahankan melalui sinergi TNI-Polri.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI AU yang menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada segenap personel TNI Angkatan Udara yang turut berkontribusi, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu," ucapnya.

Fadjar mengatakan atas peran personel TNI AU pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung damai.

"Sehingga pemungutan suara dapat berlangsung dengan aman dan damai," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas