Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KBRI Tokyo Tangani 20 WNI ABK yang Selamat dari Insiden Kapal Ikan Terbalik di Jepang

KBRI telah berkoordinasi dengan agensi pengirim para ABK serta Japan Coast Guard (JCG) Shimoda dan akan berkoordinasi untuk langkah-langkah ke depan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in KBRI Tokyo Tangani 20 WNI ABK yang Selamat dari Insiden Kapal Ikan Terbalik di Jepang
NHK
Kapal penangkap ikan dengan 20 ABK asal Indonesia mengalami kandas di sisi utara Pulau Kozushima, Jepang, Minggu (03/03/2024) malam.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 20 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) selamat dari insiden kapal ikan Jepang yang terbalik

Kini, 20 ABK itu telah dievakuasi dan akan segera diantar ke KBRI Tokyo.




Evakuasi dilakukan menggunakan helikopter ke RS terdekat tempat kejadian kecelakaan tersebut.

KBRI telah berkoordinasi dengan agensi pengirim para ABK serta Japan Coast Guard (JCG) Shimoda dan akan berkoordinasi untuk langkah-langkah ke depan. 

"Sementara ini, seluruh WNI akan diantarkan ke KBRI Tokyo pada tanggal 7 Maret untuk disiapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) Lalu Muhammad Iqbal, Selasa (5/3/2024).

Disampaikan Iqbal, KBRI Tokyo telah menerima info dari JCG di Shimoda, Shizuoka mengenai kecelakaan kapal penangkap ikan tuna, Fukuei-maru nomor 8 yang kandas di Kepulauan Izu, Tokyo, Jepang pada 3 Maret 2024.

BERITA TERKAIT

Kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Kagoshima di Prefektur Kagoshima dengangl jumlah total kru 25 orang yang terdiri atas 1 kapten, 2 orang officer serta 22 ABK.

"Dari ke-25 orang tersebut, 20 diantaranya WNI. Seluruh WNI/ABK selamat dan telah dievakuasi menggunakan helikopter JCG Shimoda ke RS terdekat di Kozushima, Tokyo. Satu orang luka, namun sudah dalam perawatan," jelas Iqbal. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas