Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rapat Puspom dan Divpropam Polri, Panglima TNI Minta Evaluasi Penegakan Hukum dan Disiplin

Panglima TNI berharap personel POM TNI dan Propam Polri dapar menjadi teladan dalam aspek kesadaran hukum, disiplin, dan tata tertib.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Rapat Puspom dan Divpropam Polri, Panglima TNI Minta Evaluasi Penegakan Hukum dan Disiplin
Tribunnews.com/ Gita Irawan
Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI dan Divisi Propam Mabes Polri memggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) tahun 2024 di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta pada Kamis (2/5/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI dan Divisi Propam Mabes Polri menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) tahun 2024 di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Rapat itu diikuti Pejabat Polisi Militer dari Puspom TNI, Pomad, Pomal, Pomau, Karoprovos Divpropam Polri, Karowabprof Divpropam Polri dan Karopaminal Divpropam Polri.

Rapat tersebut dihadiri 143 orang yang terdiri dari personel Mabes TNI 9 orang, Puspom TNI 13 orang, Puspomad 26 orang, Puspomal 24 orang, Puspomau 26 orang, dan Bidang Propam Polri 36 orang.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang dibacakan Komandan Puspom TNI Mayjen Yusri Nuryanto mengatakan rapat itu merupakan kegiatan yang sangat penting untuk lebih memantapkan sinergitas pelaksanaan pembinaan teknis kepolisian militer di lingkungan TNI dan Polri.

Hal itu dalam kaitannya agar terwujud koordinasi dan kerja sama antar satuan polisi militer, tegaknya supremasi hukum dan hak asasi manusia.

Baca juga: Kadivpropam Polri Tegaskan Selalu Koordinasi dengan Puspom Tangani Kasus terkait Personel TNI/Polri

Dengan demikian, kata Agus, diharapkan dapat tercipta personel TNI dan Polri yang taat hukum, memiliki loyalitas, moralitas dan integritas yang tinggi dan militan dalam rangka mewujudkan TNI yang Prima dan Polri yang presisi.

BERITA TERKAIT

"Untuk itu, lakukan evaluasi terhadap sistem dan mekanisme hubungan kerja POM TNI dan Propam Polri beserta seluruh jajarannya terkait penyelenggaraan penegakan disiplin, hukum, dan tata tertib termasuk penguatan sumber daya manusianya," kata Agus.

Ia juga berharap hasil rapat tersebut diharapkan dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kesadaran hukum, disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum segenap anggota prajurot TNI Polri baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Agus juga berharap setiap personel POM TNI dan Propam Polri dapar menjadi teladan dalam aspek kesadaran hukum, disiplin, dan tata tertib tidak hanya bagi anggota TNI Polri melainkan juga bagi masyarakat di sekitarnya.

Baca juga: Danpuspom TNI : Perselisihan Oknum Anggota TNI AL dan Sopir Katering di Cileungsi sudah Dimediasi

"Saya juga berharap personel POM TNI dan Propam Polri dapat mengedepankan faktor humanis dalam melaksanakan tugasnya agar edukasi hukum dan tata tertib yang dilaksanakan dapat berhasil tepat guna dan tepat sasaran," kata dia.

Ia berpesan kepada seluruh peserta rapat untuk dapat memanfaatkan forum tersebut guna untuk menguatkan jalinan komunikasi yang harmonis.

"Guna menyamakan persepsi dan memantapkan soliditas serta profesionalitas jajaran kepolisian militer," kata dia.

Rencananya terdapat enam materi yang dipaparkan dalam rapat yang akan digelar hingga sore hari tersebut.

Halaman
12

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas