Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lantik Gekrafs di 5 Negara Eropa, Kawendra: Tonggak Promosikan Industri Kreatif Indonesia di Global

Ini merupakan tonggak penting dalam upaya Gekrafs mempromosikan industri kreatif Indonesia di kancah global.

Penulis: Erik S
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Lantik Gekrafs di 5 Negara Eropa, Kawendra: Tonggak Promosikan Industri Kreatif Indonesia di Global
Ist
Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) mengumumkan keberhasilan pendirian Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) di lima negara kunci Eropa. Serangkaian upacara pelantikan yang diadakan antara tanggal 27 April dan 1 Mei 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs), sebagai organisasi terdepan dalam pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia mengumumkan keberhasilan pendirian Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) di lima negara kunci Eropa.

Kelima negara tersebut adalah Inggris Raya, Perancis, Belgia, Belanda, dan Jerman.

Ekspansi strategis ini ditandai dengan serangkaian upacara pelantikan yang diadakan antara tanggal 27 April dan 1 Mei 2024.

Ini merupakan tonggak penting dalam upaya Gekrafs mempromosikan industri kreatif Indonesia di kancah global.

Berikut adalah tanggal dan lokasi pelantikan Gekrafs DPLN:

- Inggris Raya: London, 27 April 2024
- Prancis: Paris, 28 April 2024
- Belgia: Antwerp, 29 April 2024
- Belanda: Rotterdam, 30 April 2024
- Jerman: Berlin, 1 Mei 2024

Setiap acara pelantikan dihadiri oleh tokoh penting WNI di negara tersebut, termasuk Duta Besar Indonesia dan pejabat pemerintah lokal.

Baca juga: Adaptasi Terhadap Konten Kreatif Dorong Minat Masyarakat Terhadap Logam Mulia

BERITA TERKAIT

Acara-acara tersebut tidak hanya menonjolkan kekayaan budaya Indonesia, tetapi juga membuka jalan untuk kolaborasi dan pertukaran produk kreatif di masa depan.

Ketua Umum Gekrafs Kawendra Lukistian mengatakan pendirian lima Dewan Perwakilan Luar Negeri ini, menandai bahwa ekonomi kreatif Indonesia tidak boleh dianggap sebelah mata.

"Momen penting ini juga merupakan misi berkelanjutan kami untuk memposisikan Indonesia sebagai pemimpin dunia dalam pengembangan ekonomi kreatif. Melalui Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) Gekrafs ini, kami bertujuan untuk memupuk ekosistem yang dinamis yang mendukung para kreatif Indonesia di Eropa dan lebih luas lagi," kata Kawendra Lukistian, Rabu (8/5/2024).

Kawendra mengatakan target besar Indonesia adalah menjadi pusat peradaban ekonomi kreatif di dunia karena ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia, serta marwah para pelakunya terjaga.

Dewan perwakilan luar negeri ini akan berfungsi sebagai pusat jaringan vital untuk berbagi praktik terbaik dan mempromosikan budaya serta kreativitas Indonesia.

Mereka juga akan memfasilitasi integrasi produk kreatif Indonesia ke pasar Eropa, meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas mereka.

Duta Besar Indonesia untuk Belgia, Luxemburg, dan Uni Eropa Dr. Andri Hadi mengatakan melalui Gekrafs, WNI di Belgia dapat membangun jaringan yang kuat yang saling menguatkan, sangat penting untuk maju dalam ekonomi kreatif Indonesia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas