Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Eko Patrio Ngaku Siap Jadi Menteri di Pemerintahan Prabowo-Gibran Jika Ditugaskan PAN

Anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Eko Patrio, mengaku siap menjadi menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran jika ditugaskan partainya.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Eko Patrio Ngaku Siap Jadi Menteri di Pemerintahan Prabowo-Gibran Jika Ditugaskan PAN
Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Anggota DPR RI Fraksi PAN Eko Patrio. Eko Patrio, mengaku siap menjadi menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran jika ditugaskan partainya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Eko Patrio, mengaku siap menjadi menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran jika ditugaskan partainya.

Hal itu disampaikan Eko Patrio menanggapi namanya yang digadang-gadang menjadi calon menteri dari PAN.

"Kalau perintah partai, apalagi saya benar-benar petugas partai ya, kalau banyak yang bilang bukan petugas partai, saya adalah petugas partai. Jadi saya siap ditempatkan dimana saja," kata Eko Patrio di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Eko Patrio menegaskan dirinya adalah petugas partai dan akan patuh terhadap penugasan yang diberikan kepadanya.

Soal menteri yang akan diusulkan PAN, lanjut Eko, itu merupakan ranah Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum PAN.

"Saya ikut perintah Pak Zulkifli saja ya. Jadi yang punya wewenang penuh itu kan yang punya hak prerogatif kan Bapak Presiden, pengusulnya adalah salah satunya adalah para ketua-ketua," ujarnya.

"Jadi, karena saya ada di PAN, maka saya istiqamah saja dengan PAN. Saya ditaro di mana saja siap saja gitu ya, di DPR suruh di Dapil Jawa Timur saya ke sana, Eko suruh pindah ke Jakarta Bismillah tetap dapat kursi juga. Jadi saya ikutin perintah dari ketua umum saja," tandasnya.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya usulan itu disampaikan Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay.

Saleh menyebut saat ini penyusunan kabinet masih dalam proses pembicaraan. Ia mengatakan, partai pendukung belum mengetahui posisi yang ditawarkan sehingga masih menunggu komposisi yang sedang difinalisasi. 

"Dalam konteks itu, PAN belum tahu secara khusus apa posisi yang akan diamanahkan. Karena itu, PAN hanya menyiapkan nama kader-kader yang dinilai sanggup untuk masuk kabinet. Salah satunya, Eko Patrio," kata Saleh saat dikonfirmasi, Senin (6/5/2024).

Baca juga: Gibran Janji Kabinetnya Diisi Banyak Profesional, Soal Nama Eko Patrio Masuk Kabinet Enggan Komentar

Saleh mengungkap alasan Eko Patrio masuk ke dalam daftar nama yang akan menjadi menteri. Ia mengatakan, kadernya itu merupakan sosok yang berprestasi karena sudah tiga periode terpilih menjadi anggota DPR RI.

"Eko Patrio itu politisi senior. Sudah tiga periode menjabat di DPR. Sekarang terpilih lagi untuk periode keempat. Dari sisi pengalaman, tentu mas Eko pantas dan mumpuni jadi menteri," jelasnya.

"Kalau dari sisi kepemimpinan, mas Eko sangat baik. Di dunia bisnis, tidak diragukan lagi. Sampai sekarang, bisnisnya di dunia entertaiment berjalan dengan baik. Pergaulannya sangat luas," sambungngnya.

Ia menjelaskan bahwa Eko Patrio juga dianggap berprrstasi karena berhasil menjadi Ketua DPW PAN DKI Jakarta. Dalam kepemimpinannya, Eko meraih 10 kursi DPRD DKI dan 3 kursi DPR RI. 

"Itu bukti kegigihan dan kesungguhannya dalam memimpin," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas