Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Retno Marsudi Bertemu Presiden Sidang Majelis Umum PBB, Bahas Situasi dan Kesetaraan Hak Palestina

Indonesia menyambut baik adopsi resolusi SMU PBB yang memberi hak istimewa bagi Palestina agar mereka setara dengan negara anggota lainnya.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Retno Marsudi Bertemu Presiden Sidang Majelis Umum PBB, Bahas Situasi dan Kesetaraan Hak Palestina
Istimewa/dok. Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bertemu dengan Presiden Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB) ke-78 Dennis Francis di sela acara World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada Minggu (19/5/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bertemu dengan Presiden Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB) ke-78 Dennis Francis di sela acara World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada Minggu (19/5/2024).

Berdasarkan keterangan resmi Kemenlu RI pada Senin (20/5/2024) isu yang dibahas dalam pertemuan bilateral itu meliputi situasi di Palestina, penguatan multilateralisme dan perubahan iklim.

Baca juga: Israel Migrasi Paksa Warga Palestina ke Al Mawasi, Mesir Kerahkan Tank ke Perbatasan Rafah

Retno menyatakan Indonesia menyambut baik adopsi resolusi SMU PBB yang memberi hak istimewa bagi Palestina agar mereka setara dengan negara anggota lainnya. Menurutnya resolusi ini jadi langkah penting dalam upaya mendorong hak yang setara bagi Palestina.

Kendati demikian resolusi SMU PBB tidak cukup. PBB perlu terus mendorong keanggotaan penuh Palestina dalam keanggotaan PBB, agar perdamaian dunia secara berkelanjutan bisa terwujud, sekaligus untuk memastikan kelancaran pengiriman bantuan kemanusiaan. 

Kemudian Retno dan Presiden SMU PBB juga membahas multilateralisme dan pentingnya peran PBB sebagai jangkar penguat. Indonesia dalam kesempatan itu juga kembali menegaskan dukungan terhadap pelibatan bangsa-bangsa.

Dalam kaitan ini, Indonesia menyambut baik rencana penyelenggaraan Summit of the Future dan berharap pertemuan tersebut membuahkan hasil konkret, termasuk dalam mendorong reformasi arsitektur multilateral dan mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

BERITA TERKAIT

Sementara Presiden SMU PBB Dennis Francis mengapresiasi kontribusi Indonesia pada misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Perihal diskusi soal perubahan iklim, Retno menegaskan komitmen Indonesia untuk berkolaborasi mengatasi kenaikan air laut yang begitu berdampak pada negara-negara kepulauan kecil. 

Baca juga: Ikut Aksi Bela Palestina, Pelajar Internasional Pertaruhkan Status Imigrasi Mereka di AS

Indonesia pun mendukung penyelenggaraan pertemuan tingkat tinggi terkait kenaikan air laut atau High-Level Meeting on the Sea Level Rise pada September 2024, dan berharap pertemuan tersebut membuahkan hasil konkret.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas