Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Pusingkan Jumlah Kursi Menteri, Wasekjen Demokrat: Prabowo Lebih Paham

Menurut Yovan, hal itu didasari karena Demokrat meyakini Prabowo sebagai Presiden terpilih, lebih memahami kebutuhan kabinet ke depannya.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Tak Pusingkan Jumlah Kursi Menteri, Wasekjen Demokrat: Prabowo Lebih Paham
Dokumentasi tim media Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memenuhi undangan pertemuan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping, di the Great Hall of the People in Beijing, Senin (1/4/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat menegaskan dukungannya kepada Presiden terpilih RI Prabowo Subianto dalam menentukan postur kabinet Prabowo-Gibran mendatang. 

Partai berlogo mercy itu juga enggan memusingkan jumlah kursi yang nantinya akan diberikan oleh Prabowo ke para partai politik pengusungnya.

"Ini komitmen kami sejak bergabung memperjuangkan beliau di Pilpres 2024 lalu. Bersama-sama saat daftar, saat berjuang di pemenangan, dan mengawal pemerintahan selama lima tahun jika menang," kata Wasekjen DPP Partai Demokrat Agust Jovan Latuconsina dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/5/2024).

Menurut Yovan, hal itu didasari karena Demokrat meyakini Prabowo sebagai Presiden terpilih, lebih memahami kebutuhan kabinet ke depannya.

Termasuk kata dia, terkait jumlah kementerian yang nantinya akan ada di dalam kabinetnya.

"Penentuan postur kabinet, pemerintahan ke depannya, kami percaya Pak Prabowo yang lebih memahami kebutuhannya. Karena itu kami mendukung penuh langkah beliau. Termasuk dalam jumlah kementerian ke depannya," ujar Jovan.

Baca juga: Tak Diundang PDIP ke Rakernas, Jokowi Bagikan Sembako di Depan Istana Yogyakarta

BERITA REKOMENDASI

Lebih lanjut, Jovan memastikan kalau dalam diskusi pembahasan perihal komposisi kabinet, Prabowo selalu melibatkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Beberapa pembahasan yang dilakukan kata dia, termasuk soal kepentingan mendatang, termasuk soal ekonomi, pembangunan infrastruktur hingga kesejahteraan masyarakat.

"Kami merasa sangat senang karena beliau (Prabowo) selalu mengajak berdiskusi dengan baik," ucap dia.

Baca juga: Demokrat Nilai Wajar Jika PAN dapat Jatah 4 Kursi Menteri dari Prabowo

Kendati perihal soal akan difokuskan dimana nantinya kader Demokrat di kabinet, Jovan menyebut, pihaknya akan menyerahkan penuh pada hak prerogatif Prabowo.

Termasuk kata dia, perihal jumlah kursi menteri yang nantinya akan diberikan kepada partai pimpinan AHY tersebut.

"Jumlah menteri? Berapa kader Demokrat yang masuk kabinet Pak Prabowo? Tunggu Pak Prabowo, ya. Itu hak prerogatif beliau. Beliau itu sangat memegang teguh prinsip loyalitas dan kebersamaan," tukas Jovan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas