Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jalankan Program Difasilitasi Kementan, Anak Eks Mentan SYL Tak Melapor ke Surya Paloh

Sahroni memastikan Ketua Umum Garnita Malahayati, Indira Chunda Thita tak pernah melaporkan kegiatan di organisasi yang dipimpinnya ke Surya Paloh.

Penulis: Ashri Fadilla
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Jalankan Program Difasilitasi Kementan, Anak Eks Mentan SYL Tak Melapor ke Surya Paloh
Kolase Tribunnews
Eks Mentan SYL, Bendahara Umum (Bendum) Partai Nasdem Ahmad Sahroni dan anggota DPR dari Fraksi NasDem Indira Chunda Thita yang juga anak SYL. Sahroni kemudian memastikan bahwa Ketua Umum Garnita Malahayati, Indira Chunda Thita tak pernah melaporkan kegiatan-kegiatan di organisasi yang dipimpinnya kepada Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh. Padahal organisasi tersebut berada di bawah naungan Partai Nasdem. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anak mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang bernama Indira Chunda Thita disebut-sebut menjalankan program organisasi sayap Partai Nasdem, Garnita Malahayati menggunakan fasilitas Kementan.

Hal ini menjadi satu di antara fakta-fakta yang pembuktiannya dikejar Majelis Hakim melalui pemeriksaan Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni dalam persidangan Rabu (5/6/2024) di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Majelis mencecar Sahroni terkait itu, sebab dalam persidangan sebelumnya, saksi Joice Triatman sebagai Wakil Bendahara Nasdem merangkap Sekretaris Jenderal Garnita Malahayati merangkap Staf Khusus Mentan mengungapkan adanya program organisasi yang dijalankan menggunakan fasilitas Kementan.

"Apakah saudari Joice selaku Wakil Bendahara dan juga selaku Sekjen dari Garnita itu sendiri pernah menceritakan atau terkait dengan kegiatan-kegiatan Garnita?" tanya Hakim Anggota, Ida Ayu Mustika kepada Ahmad Sahroni yang duduk di kursi saksi.

"Tidak pernah Yang Mulia," jawab Sahroni,

Sahroni kemudian memastikan bahwa Ketua Umum Garnita Malahayati, Indira Chunda Thita tak pernah melaporkan kegiatan-kegiatan di organisasi yang dipimpinnya kepada Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh.

Padahal organisasi tersebut berada di bawah naungan Partai Nasdem.

BERITA REKOMENDASI

"Saya sudah tanya kepada ketua umum bahwa ketua umum tidak pernah menerima laporan dari ketua umum sayap partai. Kapan, tanggal berapa, jam berapa, ketua umum belum pernah terima, Yang Mulia," ujar Sahroni.

Baca juga: Ahmad Sahroni Bantah Surya Paloh Perintahkan Garnita Malahayati Bagikan Sembako ke 34 Provinsi

Bahkan Sahroni menyatakan bahwa kegiatan-kegiatan di Garnita Malahati sebagai inisiatif Thita. Termasuk di antaranya, kegiatan-kegiatan yang difasilitasi Kementan.

"Jadi sebagai ketua umum sayap partai kemungkinan adalah inisiatif dari yang dilakukan sebagai Ketua Umum Garnita, Yang Mulia. Tapi Ketua Umum Garnita tidak pernah melaporkan kepada ketua umum (partai)," kata Sahroni.

Keterangan Sahroni ini kemudian dibenarkan oleh Thita bahwa dia tidak pernah melaporkan kegiatan-kegiatan Garnita Malahayati kepada Ketua Umum Nasdem.

Alasannya, organisasi tersebut memiliki otonominya sendiri.

Pun sebelum melakukan kegiatan, Thita juga mengaku tak meminta izin kepada Ketum Nasdem.

"Kami sayap dari Partai Nasdem. kami berdiri sendiri, Yang Mulia. Otonomi sendiri, AD/ ART sendiri. Dan kami hanya melaporkan seluruh kegiatan kami kepada ketua dewan pembina kami Garnita Malahayati," kata Thita  yang juga duduk di kursi saksi seperti Sahroni.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas