Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Kasus Korupsi Gerobak UMKM Kemendag

Bareskrim tetapkan 2 tersangka kasus korupsi gerobak UMKM Kemendag dari penyedia barang bernama Manshur dan Bambang Widianto.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Kasus Korupsi Gerobak UMKM Kemendag
NET
Ilustrasi tahanan. Bareskrim tetapkan 2 tersangka kasus korupsi gerobak UMKM Kemendag dari penyedia barang bernama Manshur dan Bambang Widianto. Kini berkas keduanya masih belum lengkap atau P21. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bareskrim Polri hingga kini masih mengembangkan dugaan kasus korupsi proyek pengadaan bantuan gerobak untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) oleh Kementerian Perdagangan pada periode 2018 hingga 2019.

Terbaru, penyidik kembali menetapkan dua orang tersangka baru dalam kasus tersebut yang merupakan penyedia barang bernama Manshur dan Bambang Widianto.

"Ditetapkan sebagai tersangka dalam pengembangan perkara sebelumnya, di mana mereka berperan sebagai pihak yang bersama-sama melakukan pidana korupsi, yaitu dari pihak penyedia," kata Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Wadirtipikor) Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa dalam keterangannya, Senin (15/7/2024).




"Tapi sebenarnya sudah lama ditetapkan. Tahun lalu Juli 2023," sambungnya.

Terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan keduanya merupakan penyedia barang dari KSO Leader PT Piramjda Dimensi Milenia dan KSO PT Arjuna Putra Bangsa.

Dalam hal ini, penyidik juga sudah dua kali melimpahkan berkas perkara kedua tersangka ke Kejaksaan Agung. Terakhir berkas tersebut dilimpahian pada Jumat (12/7/2024).

Hal ini setelah berkas perkaranya dinilai jaksa kurang lengkap dan dikembalikan ke penyidik pada 29 Mei 2024. 

Baca juga: Viral Sosok Pengendara Mobil Tabrak Gerobak Kupat Tahu di Bandung, Ingin Kabur tapi Mobil Terguling

BERITA TERKAIT

Penyidik, kata Trunoyudo, melengkapi berkas perkara tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi yang diminta oleh jaksa meski tak disebutkan sosok saksinya.

"Mengirimkan kembali kedua berkas perkara kepada JPU Kejagung RI pada tanggal 12 Juli 2024 sesuai Surat Kabareskrim Polri untuk tersangka Bambang Widianto Nomor:B/304/VII/RES.3.1./2024/Bareskrim tanggal 11 Juli 2024 dan untuk tersangka Mashur nomor : B/305/VII/RES.3.1./2024/Bareskrim tanggal 11 Juli 2024," ujar Trunoyudo. 

Selain itu, dalam pemenuhan berkas perkara, Trunoyudo mengatakan pihaknya juga menyita tanah seluas 18.658 m2 dan 18.115 m2, satu mobil Merk Ford, Type Ranger Double Cab 2,2L yang diduga hasil dari tindak pidana korupsi yang terjadi.

"Penyidik telah mengajukan izin penetapan dari Pengadilan Negeri Kubu Raya dan Pengadilan Negeri Pontianak," tuturnya.

Saat ini, Trunoyudo menyebut pihaknya masih menunggu penelitian jaksa apakah berkas perkara tersebut dinyatakan lengkap atau P21 atau belum.

Baca juga: Viral Suami di Lubuklinggau Bawa Istri Berobat Pakai Gerobak, Kadinkes Sebut Bawa Motor

Diberitakan sebelumnya, Bareskrim Polri mengungkap identitas dua tersangka dugaan kasus korupsi proyek pengadaan bantuan gerobak untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) oleh Kementerian Perdagangan pada periode 2018 hingga 2019.

Adapun dua tersangka yang ditetapkan yaitu Kabag Keuangan Setditjen PDN Kemendag, Putu Indra Wijaya (PIW) selaku PPK yang terlibat dalam anggaran Tahun 2018.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas