Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

4 Jenderal Polri Ikut Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK, Ada Komjen RZ Panca Putra

Polri mengirimkan empat nama Jenderal yang diajukan untuk menjadi Calon Pemimpin (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in 4 Jenderal Polri Ikut Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK, Ada Komjen RZ Panca Putra
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
FOTO FILE: Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri mengirimkan empat nama Jenderal yang diajukan untuk menjadi Calon Pemimpin (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pemilihan keempat Jenderal ini sudah melalui proses seleksi dan memenuhi syarat untuk bertugas di lembaga antirasuah tersebut.




"Polri memberikan beberapa nama untuk dalam hal ini yang tentunya melalui seleksi dan memenuhi syarat, Ada empat nama dan ini merupakan bagian personel-personel terbaik di Polri," kata Trunoyudo kepada wartawan di Bareskrim Polri, Selasa (16/7/2024).

Keempat jenderal Polri itu adalah :

Nama pertama yang ikut seleksi yakni Komjen Setyo Budianto yang merupakan lulusan AKABRI tahun 1989 dan saat ini menjabat sebagai Irjen di Kementerian Pertanian.

"Kemudian yang kedua adalah Drs RZ Panca Putra. Beliau berpangkat Komisaris Jenderal Polisi. Selaku Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional atau Lemhanas. Beliau adalah AKABRI 1990," ucapnya.

BERITA TERKAIT

Ketiga, Irjen Joko Purwanto yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) yang merupakan lulusan AKABRI tahun 1989.

Keempat, Irjen Didi Agung Wijanarko yang merupakan lulusan AKABRI tahun 1990 yang saat ini menjabat sebagai Deputi pada bidang Koordinasi dan Supervisi di KPK.

"Kami sampaikan bahwasannya keempat personil tersebut adalah merupakan personil yang terbaik dimana dengan adanya panitia seleksi Capim KPK tentu Polri menjawab sebagai suatu usulan," jelasnya.

Baca juga: Daftar Nama-nama Eks Pegawai dan Pimpinan KPK yang Daftar Capim KPK Periode 2024-2029

Untuk informasi, Pendaftaran Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah ditutup pada Minggu malam (15/7/2024) pukul 23.59 WIB.

Wakil Ketua Panitia Seleksi (Pansel) KPK Arif Satria mengatakan sejak pendaftaran dibuka pada 26 Juni lalu terdapat 525 orang pendaftar.

"Sejak pembukaan pendaftaran pada tanggal 26 Juni 2024 hingga penutupan tadi malam tanggal 15 Juli 2024 pukul 23. 59 WIB dapat disampaikan bahwa total pendaftar sebanyak 525 orang," kata Arif, Senin, (16/7/2024).

Dari 525 orang pendaftar tersebut sebanyak 318 orang yang mendaftar Capim KPK yang terdiri dari 298 laki-laki dan 20 perempuan.

"Sementara jumlah pendaftar calon Dewas 207 orang terdiri dari 184 laki-laki dan 23 perempuan," katanya.

Pansel, kata Arif mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam seleksi ini. Setelah proses pendaftaran selesai, Pansel akan melakukan verifikasi atas dokumen-dokumen yang telah diunggah dan akan mengumumkan hasilnya pada tanggal 24 Juli 2024 melalui aplikasi APEL dan  laman KPK.go.id serta Setneg.go.id.

"Terhitung sejak tanggal 24 Juli sampai dengan 24 Agustus 2024, kami mengharapkan masukan dan tanggapan dari masyarakat atas calon-calon yang telah lolos seleksi administrasi ini. Masukkan dan tanggapan tersebut dapat disampaikan melalui aplikasi Apel dan email kepada pansel KPK," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas