Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diluncurkan Tahun 2021, Jurnal JKN Berhasil Raih Akreditasi SINTA 4

Andi Afdal mengatakan kehadiran Jurnal JKN yang dimiliki BPJS Kesehatan bisa menjadi wadah kolaborasi dalam menjaga keberlangsungan Program JKN.

Editor: Content Writer
zoom-in Diluncurkan Tahun 2021, Jurnal JKN Berhasil Raih Akreditasi SINTA 4
Istimewa
Penandatanganan kesepakatanan Perjanjian Kerja Sama antara Coorporate University BPJS Kesehatan dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia tentang Penyelenggaraan Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti meyakini bahwa kehadiran Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan menjadi sumber informasi yang sangat berharga bagi para peneliti.

Menurutnya, Jurnal JKN bisa memberikan dampak besar terhadap identifikasi masalah-masalah yang ada, menemukan solusi inovatif, dan mengimplementasikan kebijakan yang lebih efektif untuk meningkatkan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Melalui Jurnal JKN, BPJS Kesehatan juga berkomitmen untuk berkontribusi aktif dalam menyediakan data dan informasi yang diperlukan, serta bekerja sama dengan para peneliti dan akademisi untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas.




“Saya juga mengajak semua pihak untuk turut serta mendukung dan berpartisipasi dalam pengembangan Jurnal JKN ini. Mari kita jadikan jurnal ini sebagai platform untuk menginspirasi dan mendorong perubahan positif di sektor kesehatan,” kata Ghufron

Direktur SDM dan Umum BPJS kesehatan, Andi Afdal mengatakan kehadiran Jurnal JKN yang dimiliki BPJS Kesehatan bisa menjadi wadah kolaborasi dalam menjaga keberlangsungan Program JKN.

Bukan hanya itu, Jurnal JKN juga menjadi wadah ilmu pengetahuan dan informasi yang telah teruji dan bisa dijadikan referensi yang kredibel dalam rangka pengembangan Program JKN ke depan. Keterlibatan masyarakat seperti peneliti, akademisi, mahasiswa maupun Duta BPJS Kesehatan itu sendiri dapat dielaborasi dalam Jurnal JKN.

Afdal mengatakan, Jurnal JKN merupakan salah satu bagian dari visi organisasi untuk menjadikannya sebagai sumber informasi dan referensi utama di bidang jaminan kesehatan.

BERITA TERKAIT

Ia menyebut, BPJS Kesehatan telah menetapkan beberapa target strategis untuk masa depan. Target-target tersebut dirancang untuk memastikan bahwa jurnal yang dihadirkan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan kualitas layanan kesehatan khususnya di Indonesia.

Baca juga: Solusi Menjawab Tantangan Digitalisasi Program JKN melalui Healthkathon BPJS Kesehatan 2024

"Dengan target-target ini, kami yakin bahwa Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional akan terus berkembang dan menjadi jurnal yang dihormati dan diakui secara luas. Kami berkomitmen untuk bekerja keras mencapai target-target ini dan memberikan kontribusi terbaik bagi peningkatan kualitas jaminan kesehatan di Indonesia dan dunia," kata Afdal.

Dirinya menambahkan, hadirnya Jurnal JKN juga memberikan dampak di bidang akademik. Afdal memahami bahwa Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan merupakan salah satu program jaminan kesehatan dengan cakupan terbesar.

Tercatat per 12 Juli 2024, sudah ada 273,5 juta penduduk Indonesia telah terdaftar menjadi peserta JKN. Artinya, data yang dikelola dan dipelihara sangat besar. Dengan adanya data yang dimiliki, ini bisa menjadi rujukan oleh peneliti untuk melihat adanya potensi penelitian yang dilakukan sehingga bisa memberikan perbaikan dalam penyelenggaraan Program JKN.

"Jurnal JKN telah mengalami pengembangan dan peningkatan kualitas sejak diluncurkan pada tahun 2021. Tercatat, sejak pertama kali diluncurkan telah menghasilkan 54 artikel jurnal. Namun, sebagai kado di Hari Ulang Tahun BPJS Kesehatan ke-56, jurnal BPJS Kesehatan telah berhasil mendapat akreditasi Science and Technology Index (SINTA) 4. Artinya, jurnal yang terdapat di BPJS Kesehatan telah melalui proses evaluasi dan memenuhi standar tertentu dan telah diakui sebagai jurnal ilmiah yang viable dan berkualitas," tambah Afdal.

Dirinya meyakini bahwa dengan langkah-langkah ini, Jurnal JKN akan terus berkembang dan mencapai akreditasi yang lebih tinggi, serta memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Namun demikian, kami juga membuka keterlibatan dari para peneliti, terutama bagi para mahasiwa dan Duta BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kuantitas penulisan jurnalnya sehingga artikel jurnal yang dibuat bisa menciptakan kebijakan baru untuk pelaksanaan jaminan kesehatan di Indonesia dan bisa menjadi rujukan global.

Baca juga: Cara Cek BPJS Kesehatan dengan NIK Secara Online, Mudah dan Tak Perlu ke Kantor

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas