Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Memulai Rangkaian Bulan Kemerdekaan, Istana akan Gelar Zikir dan Doa Kebangsaan Malam Ini

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, acara zikir dan doa tersebut merupakan pembuka dari rangkaian Bulan Kemerdekaan 2024 HUT ke-79 RI.

Penulis: Reza Deni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Memulai Rangkaian Bulan Kemerdekaan, Istana akan Gelar Zikir dan Doa Kebangsaan Malam Ini
YouTube Sekretariat Presiden
Mensesneg, Pratikno saat konferensi pers terkait HUT Kemerdekaan RI-ke79 di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis (1/8/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Istana Kepresidenan Jakarta akan menggelar Zikir dan Doa Kebangsaan  di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/8/2024) malam.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, acara zikir dan doa tersebut merupakan pembuka dari rangkaian Bulan Kemerdekaan 2024 HUT ke-79 Republik Indonesia.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Pasang Bendera Merah Putih untuk Peringati HUT RI? Ini Jadwalnya

"Dihadiri oleh para ulama dan pemimpin agama, diikuti oleh para peserta, lebih dari 3.000 peserta," kata Pratikno di Kantor Kemensesneg, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Setelah acara zikir dan doa kebangsaan, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo dan penganugerahan tanda kehormatan yang akan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta.

Kemudian, pidato kenegaraan dalam rangka penyampaian rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) oleh Presiden Jokowi beserta nota keuangan yang akan dilaksanakan di Kompleks Parlemen Senayan. 

Setelah itu, akan ada acara apel kehormatan dan renungan suci diselenggarakan di dua tempat, yakni Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta Selatan dan Taman Kusuma Bangsa di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Proyek Bandara IKN Terancam Molor, Menhub Budi Siapkan Dua Skenario Tamu VVIP saat HUT RI di IKN

BERITA REKOMENDASI

Acara apel di Kalibata akan dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin sedangkan Jokowi memimpin acara di IKN.

Kedua acara apel kehormatan dan renungan suci dilaksanakan pada 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WIB.

"Kemudian paginya upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia waktunya waktu detik-detik proklamasi itu mengikuti waktu Indonesia Barat," kata Pratikno

Pratikno menyebutkan, upacara peringatan kemerdekaan juga digelar di dua tempat, yakni IKN yang dipimpin oleh Jokowi sedangkan Ma'ruf Amin akan memimpin upacara di Istana Merdeka, Jakarta. 

"Kemudian upacara penurunan bendera sang merah putih juga diselenggarakan di dua tempat, baik di IKN maupun di halaman Istana merdeka Jakarta. Itu agenda pokoknya," ujar Pratikno.

Adapun tema yang diangkat pada perayaan HUT ke-79 RI, dikatakan Pratikno, yakni Nusantara Baru Indonesia Maju.

Baca juga: Lirik Lagu 17 Agustus atau Hari Merdeka, Cocok Dibawakan saat HUT RI

"Sudah dirilis pada tanggal 24 Juni yang lalu dan ini sekaligus menunjukkan transisi perpindahan ibukota dari Jakarta ke KN dan sekaligus juga ini adalah transisi untuk keberlanjutan pemerintahan yang baru nanti," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas