Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PB PMII Gelar Kongres di Palembang, Sosok Hasnu Ibrahim yang Maju Jadi Calon Ketua Umum

Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) akan menggelar kongres XXI di Palembang, Sumatera Selatan, pada 12-14 Agustus 2024.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in PB PMII Gelar Kongres di Palembang, Sosok Hasnu Ibrahim yang Maju Jadi Calon Ketua Umum
Istimewa
Calon ketua umum PB PMII periode 2024-2027, Hasnu Ibrahim 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) akan menggelar kongres XXI di Palembang, Sumatera Selatan, pada 12-14 Agustus 2024. Kongres PB PMII merupakan momen untuk memilih ketua umum baru.

Salah satu calon ketua umum PB PMII periode 2024-2027, yaitu Hasnu Ibrahim. Hasnu Ibrahim mengusung kredo perfectum of PMII, victory of Indonesia.

“Dengan tema besar kepemimpinan PMII untuk Nusantara Maju, Berdaulat dan Berkelanjutan sebagai respon cepat PMII terhadap Ibu Kota Nusantara sebagai simbol transformasi negara maju dan modern di masa depan,” ucap Hasna menjelaskan alasan dirinya maju dalam Caketum PB PMII, Sabtu (3/8/2024).

Mengawali pendidikannya di NTT sejak SD hingga SMA.

Hasnu juga aktif sebagai kader muda Nahdlatul Ulama (NU) termasuk ketika mengenal pertama PMII saat berkuliah di Universitas Muhammadiyah yang kala itu dibawah koordinasi PKC PMII Bali Nusra.

Sebelum menamatkan gelar S2 pada 2023 di Ilmu Politik Universitas Nasional, Jakarta.

Hasnu juga aktif dalam organisasi PMII. Artinya perpaduan aktivisme yang kuat dan akademisi yang produktif menjadi nilai tersendiri baginya.

BERITA TERKAIT

Tercatat sudah 12 tahun dirinya aktif di PMII. Ia pernah menjabat Ketua Komisariat PMII Universitas Muhammadiyah Kupang pada tahun 2017 sebelum akhirnya menjadi Ketua Cabang PMII Kupang periode 2018-2019.

“Selanjutnya saya dipercaya menjadi koordinator ekspansi di NTT oleh PKC PMII Bali Nusra dan upaya pembentukan Pengurus Koordinator Cabang PMII Persiapan NTT pada tahun 2019-2020,” tuturnya.

Kini Hasnu menjabat selaku Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia periode 2021-2024.

Karena itu ia berpendapat tugas PMII adalah bagaimana memastikan dua agenda utama, pertama, memperkuat partisipasi publik sebagai roh dari demokrasi.

“Kami mendorong dan memastikan lompatan-lompatan transformasi Indonesia menuju Indonesia Emas 2045,” tambahnya.

Tak hanya itu, di luar PMII, ia aktif pada Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) Region Bali Nusa Tenggara pada 2016 -2018.

Ia juga pernah diangkat menjadi Dewan Pimpinan Pusat Indonesia Youth Congres, 2020 - 2022 yang menangani terkait bidang Politik, Pemerintahan dan Pembangunan Demokrasi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas