Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Respon DPD Golkar DIY Terkait Mundurnya Airlangga Hartarto : 'Hal yang Biasa Saja'

 Disinggung terkait potensi bergabungnya Presiden Joko Widodo ke Partai Golkar, menurutnya hal tersebut tak akan mudah

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Respon DPD Golkar DIY Terkait Mundurnya Airlangga Hartarto :  'Hal yang Biasa Saja'
Tangkap Layar
Airlangga Hartarto akhirnya buka suara mengenai kabar pengunduran dirinya dari kursi ketua umum Partai Golkar. Airlangga mengumumkan kabar pengunduran diri tersebut lewat video tapping yang disebar kepada awak media pada Minggu (11/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribun Jogja Hanif Suryo 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Wakil Ketua Bidang Organisasi sekaligus Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar DIY, John S Keban angkat bicara terkait mundurnya Airlangga Hatarto.

Ia menyebut, Partai Golkar adalah partai modern dan profesional yang mengedepankan sistem, bukan figur.

"Mundurnya ketua umum di Golkar hal yang biasa saja, tentunya ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum mengambil keputusan untuk mengundurkan diri," ujar John Keban kepada wartawan, Minggu (11/8/2024).

Pertama pertimbangan pribadi, kedua kepentingan partai dan ketiga pertimbangan kepentingan pemerintahan ke depan dan juga ada hal hal yang sifatnya strategis tentu tidak bisa di bicarakan disini," tambahnya.

Baca juga: Secara De Facto Airlangga Masih Ketua Umum Partai Golkar

 Disinggung terkait potensi bergabungnya Presiden Joko Widodo ke Partai Golkar, menurutnya hal tersebut tak akan mudah.

"Itu mimpi orang yang tidak paham Golkar, itu tidak mudah," tandasnya.

BERITA TERKAIT

Airlangga Hartarto menyatakan mundur dari Ketua Umum Partai Golkar dengan alasan memastikan stabilitas transisi pemerintahan. 

"Saya Airlangga Hartarto, setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Golkar," kata Airlangga dalam video pernyataannya, Minggu (11/8/2024). 

"Secara khusus Saya ingin berterima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Wapres KH Maruf Amin.

Demikian pula terima kasih saya sampaikan kepada presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto dan wapres terpilih Mas Gibran Rakabuming Raka," sambungnya.

Jadi Pengurus DPP Golkar Sejak 2004

Untuk menjadi pucuk pimpinan partai berlambang beringin ini Airlangga di Golkar mulai naik sejak menjabat Wakil Bendahara DPP Golkar tahun 2004-2009. 

Ia sempat menjadi Ketua Komisi VII DPR RI (2006-2009) membidangi energi, lingkungan hidup, dan ristek dari Fraksi Partai Golkar. 

Airlangga kembali menjadi anggota DPR periode 2009-2014 Dapil Jawa Barat V dan menjabat Ketua Komisi VI yang membidangi perindustrian, perdagangan, UKMK, Investasi, dan BUMN. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas