Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Muktamar, PKB Pasuruan Sepakat Dukung Cak Imin Jabat Ketum Lagi

Selain mendukung Gus Muhaimin Iskandar, rapat pleno DPC PKB Kabupaten Pasuruan juga mengusulkan perubahan dalam proses pemilihan kepemimpinan.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Jelang Muktamar, PKB Pasuruan Sepakat Dukung Cak Imin Jabat Ketum Lagi
Istimewa
Rapat Pleno PKB Kabupaten Pasuruan sepakat dukung Muhaimin Iskandar kembali menjabat sebagai Ketua Umum DPP PKB periode selanjutnya dalam pemilihan di Muktamar PKB 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pasuruan, menggelar rapat pleno yang memutuskan beberapa poin penting menjelang Muktamar PKB yang akan berlangsung di Bali.

Dalam rapat yang dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus dan perwakilan dari berbagai tingkat kepengurusan, dihasilkan keputusan strategi yang menegaskan arah dukungan dan proses pemilihan kepemimpinan partai.




Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Hindun Anisah menyampaikan hasil rapat pleno tersebut.

"Berdasarkan hasil pleno seluruh jajaran, kami DPC PKB Kabupaten Pasuruan dengan tegas menyatakan dukungan penuh kepada Gus Muhaimin Iskandar untuk kembali memimpin PKB untuk periode selanjutnya pada Muktamar Bali mendatang,” kata Ning Hindun, dalam keterangannya, Kamis (15/8/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Ning Hindun menegaskan bahwa sikap dukungan terhadap Gus Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB bukanlah keputusan yang tiba-tiba.

“Sikap kami dari awal sudah jelas, kami akan mendukung kembali Gus Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB. Mustasyar, Dewan Syuro, Tanfidziyah, Banom, DPAC (Kecamatan) dan DPRt (Desa) solid mendukung Gus Muhaimin. Ini aspirasi dari bawah,” ujarnya.

Baca juga: Selain NasDem, PPP Juga Gabung KIM Dukung Pemerintahan Prabowo

BERITA TERKAIT

Selain mendukung Gus Muhaimin Iskandar, rapat pleno DPC PKB Kabupaten Pasuruan juga mengusulkan perubahan dalam proses pemilihan kepemimpinan.

"Kami mengajukan agar pemilihan Dewan Syuro dan Ketua Umum dilakukan melalui musyawarah mufakat. Ini bertujuan untuk memperkuat kebersamaan dan soliditas internal partai, juga memastikan bahwa keputusan yang diambil merupakan hasil dari konteks yang luas," katanya.

Ning Hindun menambahkan, usulan ini mencerminkan keinginan DPC PKB Kabupaten Pasuruan untuk mengedepankan prinsip musyawarah dalam setiap proses pengambilan keputusan. 

"Tentunya dengan cara ini kamj berharap proses pemilihan dapat berlangsung lebih harmonis dan mencerminkan aspirasi seluruh elemen partai," ujarnya.

Baca juga: Cak Imin Beri Pesan Menohok ke PBNU: Kiai Manapun Kalau Langgar Konstitusi Bakal Kualat

Keputusan ini, kata Ning Hindun, mendapat respons positif dari berbagai pihak dalam tubuh PKB. 

Dukungan terhadap Gus Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum dinilai sebagai langkah strategi untuk melanjutkan kepemimpinan yang sudah terbukti efektif dalam memajukan partai.

"Semua mengenal Gus Muhaimin Iskandar sebagai sosok yang mampu memperkuat PKB di kancah politik nasional dan meningkatkan konsolidasi posisi internal partai," katanya.

Muktamar PKB yang akan digelar di Bali diharapkan dapat menjadi ajang untuk memperkuat dan memperjelas arah serta strategi partai menjelang pemilu mendatang. 

Dengan adanya dukungan yang kuat dari berbagai daerah, termasuk Kabupaten Pasuruan, diharapkan PKB dapat tampil lebih solid dan siap menghadapi tantangan politik ke depan.

Baca juga: Kaget Airlangga Mundur dari Golkar, Dahlan Iskan Geleng-geleng Kepala: Kok Bisa?

Rapat pleno ini menunjukkan bahwa DPC PKB Kabupaten Pasuruan berkomitmen untuk mendukung keputusan-keputusan strategi yang diambil oleh partai dan berusaha memastikan bahwa setiap langkah yang diambil berlandaskan pada musyawarah dan mufakat.

Dukungan terhadap Gus Muhaimin Iskandar dan usulan pemilihan yang berbasis musyawarah mencerminkan tekad partai untuk memperkuat struktur internal dan meningkatkan kapabilitasnya di kancah politik.

"Dengan adanya keputusan ini, PKB Kabupaten Pasuruan berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam proses pemilihan pimpinan partai di Muktamar Bali dan memastikan bahwa PKB tetap menjadi kekuatan politik yang solid dan berpengaruh di masa depan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas