Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dihadiri Enam Calon Kepala Daerah, Kepemudaan PKS Luncurkan 'Pahlawan Demokrasi' untuk Pilkada 2024

Bidang Kepemudaan DPP PKS menggelar acara peluncuran resmi gerakan "Pahlawan Demokrasi" untuk Pilkada 2024.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Dihadiri Enam Calon Kepala Daerah, Kepemudaan PKS Luncurkan 'Pahlawan Demokrasi' untuk Pilkada 2024
HandOut/IST
Sejumlah calon kepala daerah yang diusung oleh PKS menghadiri peluncuran resmi gerakan "Pahlawan Demokrasi" untuk Pilkada 2024. Bertempat di Kantor DPTP PKS, Selasa (3/9/2024). 

Hasiolan EP/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bidang Kepemudaan DPP PKS menggelar acara peluncuran resmi gerakan "Pahlawan Demokrasi" untuk Pilkada 2024.

Bertempat di Kantor DPTP PKS, Selasa (3/9/2024).




Acara yang berlangsung di Aula Lt 1 MD Building ini dibuka oleh Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS, Gamal Albinsaid, dan dihadiri oleh sejumlah calon kepala daerah yang diusung oleh PKS.

Dalam acara tersebut, Gamal memaparkan pentingnya peran pemuda sebagai subjek politik yang aktif.

"Hari ini, kita meluncurkan Pahlawan Demokrasi dengan harapan untuk menginspirasi dan melibatkan generasi muda secara aktif dalam politik," ujar Gamal.

"Banyak yang bertanya tentang bagaimana memenangkan suara milenial. Saya rasa pertanyaan tersebut kurang tepat karena seolah-olah pemuda hanya dianggap sebagai objek politik. Sebenarnya, mereka adalah subjek yang memiliki peran penting di panggung demokrasi," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Acara peluncuran ini juga dihadiri sejumlah calon Kepala Daerah yang akan diusung PKS dalam Pilkada 2024.

Para Cakada yang hadir termasuk Imam Budi Hartono untuk calon Walikota Depok, Atang Trisnanto untuk calon Walikota Bogor, dr Shinta Chairuddin untuk calon wakil walikota Tangsel, Pipin Sopian untuk calon Wakil Bupati Purwakarta, Nur Agis Aulia untuk calon Wakil Walikota Serang, dan Ashim Fikri untuk calon Wakil Walikota Tegal.

Dalam konteks Pemilihan Umum, Gamal menyoroti bahwa pemuda, yang merupakan 52 persen dari total pemilih, adalah segmen strategis yang harus diperhatikan.

Ia menegaskan bahwa meski Pilkada 2024 berlangsung pada tahun yang sama dengan Pemilu, konfigurasi pemilih tidak banyak berubah, sehingga pemuda tetap menjadi perhatian utama.

"Pahlawan Demokrasi bertujuan untuk tidak hanya memenangkan kontestasi politik, tetapi juga untuk menginspirasi generasi muda agar lebih bijak, santun, dan berkarakter. Tugas kita adalah memastikan bahwa nilai-nilai ini dapat diimplementasikan dengan baik dalam setiap proses politik," ujar Gamal.

PKS menekankan bahwa pemuda bukanlah objek dalam politik, tetapi merupakan pemain utama yang harus diberdayakan.

Dalam konteks ini, Gamal menuturkan Pahlawan Demokrasi juga mengusung tagline "Menang Bermartabat dan Menang Menginspirasi".

Dengan tagline ini, PKS berkomitmen untuk menjalankan politik dengan cara yang jujur dan adil, serta menjaga kualitas Pemilu dari kecurangan.

Sebagai bagian dari inisiatif Pahlawan Demokrasi, PKS juga mengumumkan susunan Presidium Nasional (Presnas) yang akan memimpin gerakan ini.

Nama-nama yang terpilih antara lain Ketua Kepemudaan DPP PKS Gamal Albinsaid, Wakil Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS Yanuar Arif Wibowo, Sekretaris Bidang Kepemudaan Henda Yusamtha, serta beberapa tokoh penting lainnya seperti DR. Indra Kusumah, Musthofa Faruq, Meitri Citra Wardani, Paramitha Messayu, dan Nabila Aboe Bakar.

Dengan peluncuran ini, Gamal berharap Pahlawan Demokrasi dapat berperan dalam mendukung Calon Kepala Daerah yang diusung serta menjaga dan meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, menjadikan Pilkada 2024 sebagai momen penting untuk transformasi politik yang lebih baik.

Baca juga: Profil Gamal Albinsaid yang Diusulkan Hidayat Nur Wahid PKS Jadi Pendamping Anies di Pilgub Jakarta

"Semoga pahlawan demokrasi ini ini bisa diimplementasi karena tugas kita bukan sekedar memenangkan kontestasi politik melainkan menginspirasi generasi muda yang santun bijak dan berkarakter," kata Gamal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas