Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ikuti Komitmen Paus Fransiskus, 5P Global Dukung Gelaran Hari Anak Keuskupan Agung Jakarta

30 anak dari berbagai belahan dunia, termasuk anak-anak dari daerah perang di Ukraina dan Palestina bertemu dengan Paus Fransiskus, di sela-sela WDC,

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Ikuti Komitmen Paus Fransiskus, 5P Global Dukung Gelaran Hari Anak Keuskupan Agung Jakarta
Dokumentasi
30 anak dari berbagai belahan dunia, termasuk anak-anak dari daerah perang di Ukraina dan Palestina bertemu dengan Paus Fransiskus, di sela-sela WDC, pada Sabtu (25/5/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - 5P Global Movement mengambil langkah nyata, dalam mewujudkan dunia yang peduli terhadap nasib terbaik dan pemenuhan hak-hak mendasar anak sebagaimana komitmen Paus Fransiskus.

Melalui 5P Kids, inisiatif global tersebut mendukung penyelenggaraan Hari Anak Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) pada Oktober mendatang.

Pada Mei lalu, 5P Kids adalah pendukung utama terselenggaranya World Children’s Day (WCD), yang untuk pertama kalinya digagas oleh Paus Fransiskus di Vatikan.




Di WCD, 5P Kids menghadirkan momen spesial bagi 30 anak dari berbagai belahan dunia, termasuk anak-anak dari daerah perang di Ukraina dan Palestina bertemu dengan Paus Fransiskus, di sela-sela WDC, pada Sabtu (25/5/2024).

Anak-anak menunjukkan antusias dan kegembiraannya saat bertemu dengan pemimpin tertinggi Gereja Katolik, salah satu tokoh dunia yang selalu memperjuangkan perdamaian dunia tersebut. 

Selain itu, 5P Kids juga bekerja sama dengan Unbroken yang mengelola pusat rehabilitasi anak-anak korban perang di Ukraina dan Palestina di Lviv, untuk menggugah panggilan global dalam memberikan harapan dan masa depan bagi anak-anak tersebut.

Dalam konteks yang sama, 100 anak yang akan terlibat pada Hari Anak KAJ menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Grha Pemuda, Gereja Katedral, Jakarta. Mereka datang dari berbagai latar belakang sosial dan kultural.

BERITA TERKAIT

Terkait Hari Anak KAJ, Sekjen Keuskupan Agung Jakarta Pastor Adi Prasojo mengatakan, inisiatif tersebut merupakan yang pertama kalinya di Indonesia, dalam rangka meneruskan komitmen dan kepedulian Paus Fransiskus terhadap nasib anak-anak.

Sekitar 1.000 anak rencananya akan hadir dalam acara yang bertajuk “Anak Indonesia Sehat, Bersahabat, dan Menjadi Berkat.” 

"Paus Fransiskus telah menunjukkan perhatian yang nyata dan mengambil sikap yang jelas untuk membela kepentingan dan nasib anak-anak di seluruh dunia. Komitmen dan kepedulian itu akan diteruskan melalui Hari Anak KAJ," kata dia, dalam keterangannya Rabu (4/9/2024).

Sementara itu, Co-Founder 5P Global Movement Arsjad Rasjid mengatakan, 5P Kids hadir sebagai langkah nyata 5P Global Movement dalam memperjuangkan masa depan anak yang lebih baik. 

"Kita wajib menciptakan generasi lebih sehat, cerdas, dan produktif di masa depan menuju Indonesia Emas 2045," ujar dia.

Seperti diketahui, 5P Global Movement merupakan inisiatif global yang bertujuan untuk mempromosikan perdamaian (Peace), kesejahteraan (Prosperity), kemanusiaan (People), bumi (Planet), dan kolaborasi (Partnership).

Baca juga: Sosok Bayi yang Diberkati Langsung oleh Paus Fransiskus, Upaya sang Ayah Berbuah Manis

Saat ini, 5P Global Movement berkedudukan di Indonesia dan Eropa, dan tengah memperlebar jaringannya hingga ke Amerika Latin, Amerika Utara, Afrika, dan Timur Tengah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas