Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serba-serbi Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK: Naik Maung Hingga Momen Berbahasa Indonesia

Salah satu rangkaian perjalanan apostolik di Indonesia, Paus Fransiskus memimpin Holy Mass atau Misa Akbar di Stadion GBK.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Serba-serbi Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK: Naik Maung Hingga Momen Berbahasa Indonesia
Istimewa
Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik sekaligus kepala negara Vatikan berkeliling dengan mobil nasional Indonesia Maung ‘Tangguh’ jenis MV3. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ribuan Umat Katolik memadati area utama Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada Misa Agung bersama Paus Fransiskus pada Kamis (5/9/2024).

Meski Misa Agung digelar pukul 17.00 WIB, namun ribuan Umat Katolik sudah memenuhi kursi-kursi pada tribun GBK sekitar pukul 13.30 WIB.

Baca juga: Habib Jafar Sampai Minta Diundang Pihak Istiqlal untuk Bisa Bertemu Paus Fransiskus

Salah satu rangkaian perjalanan apostolik di Indonesia, Paus Fransiskus memimpin Holy Mass atau Misa Akbar di Stadion GBK.




Diketahui Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK dihadiri oleh 86.000 ribu umat Katolik dari seluruh penjuru Indonesia.

Baca juga: Doa Dosen USU saat Tunggu Paus Fransiskus: Papa Francis, Porfavor Oren Por La Descendedia, Amen!

Paus Fransiskus Naik Maung

Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik sekaligus kepala negara Vatikan berkeliling dengan mobil nasional Indonesia Maung ‘Tangguh’ jenis MV3.

Mobil tersebut adalah besutan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang diproduksi oleh PT Pindad saat berkeliling menyapa sekitar 87.000 jemaat yang hadir pada Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/8) sore.

Kedatangan Paus Fransiskus di GBK disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo, keduanya saling bertegur sapa dan bersalaman.

BERITA TERKAIT

Tak lama berselang, Paus Fransiskus berganti kendaraan dan menaiki mobil Maung MV3 berwarna putih yang telah di modifikasi khusus oleh Kemhan atas arahan Prabowo.

Dilakukan beberapa modifikasi pada Maung yang dinaiki Sri Paus. Pada bagian kursi didesain ergonomis dan dapat berputar sehingga Sri Paus bisa menyapa para jemaat baik di sisi kanan dan sisi kiri maupun sisi belakangnya. Pada dasar kursi itu pun juga dibalut dengan karpet merah tanda kehormatan untuk Paus Fransiskus.

Sepanjang jalan iringan mobil Maung yang dikendarai Paus Fransiskus menuju Stadion Madya GBK, terdengar gemuruh 87.000 jemaat yang meneriakkan yel-yel ‘Viva il Papa’.

“Viva il Papa, Viva il Papa Francisco” seru ribuan jemaat Katolik seraya menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Stadion Madya, GBK.

Viva il Papa merupakan seruan yang kerap digunakan oleh umat Katolik ketika berkesempatan bertemu dengan Paus Fransiskus. Adapun, kata tersebut bermakna serupa dengan “Long live Pope” dalam bahasa Inggris atau “Panjang Umur untuk Paus Fransiskus.”

Di kesempatan yang sama, Paus Fransiskus juga menyempatkan menyapa dan memberikan berkat kepada sejumlah jemaat Katolik dari mobil Maung.

Baca juga: Anaknya Diberkati Paus Fransiskus di Jakarta, 4 Warga Ungkap Momen Haru hingga Dapat Kalung Rosario

Paus Fransiskus Berbahasa Indonesia saat Pimpin Pernyataan Tobat

Paus Fransiskus memimpin Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) hari ini, Kamis (5/9/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas