Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selama 10 Tahun, Kemenhub Bangun dan Rehabilitasi 193 Pelabuhan dan 116 Bandara

Pembangunan infrastruktur transportasi di seluruh pelosok tanah air tersebut tentunya akan mendukung kelancaran distribusi logistik nasional.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Selama 10 Tahun, Kemenhub Bangun dan Rehabilitasi 193 Pelabuhan dan 116 Bandara
ist
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan - Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi saat pembukaan Hub Space 2024 yang berlangsung di Jakarta, Jumat (6/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, penyelenggaran transportasi selama 10 tahun terakhir menghadapi tantangan yang luar biasa.

Situasi pandemi Covid-19 yang sempat terjadi memaksa berbagai pihak untuk melakukan pengereman namun tidak menyurutkan perjuangan untuk lebih giat melakukan pembangunan agar Indonesia tidak mengalami ketertinggalan.

Baca juga: Kemenhub Siapkan 847 Unit Bus untuk Transportasi PON XXI di Aceh-Sumut




"Kemenhub berhasil menuntaskan pembangunan terhadap 45 Proyek Strategis Nasional," kata Budi Karya Sumadi saat membuka Hub Space 2024 yang dihadiri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Hub Space 2024 bertema Integrated Mobility for All yang mencerminkan komitmen yang kuat untuk menghadirkan sistem transportasi yang efisien, modern, inklusif, terintegrasi dan menjadi sarana menyosialisasikan capaian pembangunan untuk mendukung konektivitas di Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Baca juga: Garuda Indonesia Akan Ikuti Aturan Kemenhub Soal Pencegahan Cacar Monyet di Sektor Udara

Dikatakan Budi Karya, pihaknya telah membangun dan rehabilitasi 193 pelabuhan yang di ujung Utara Indonesia, ujung Selatan, ujung Barat, Timur, merehab 91 bandara dan membangun lebih dari 25 bandara,  membangun 157 terminal di seluruh Indonesia dan 80 program kereta api.

Dikatakannya, pembangunan infrastruktur transportasi di seluruh pelosok tanah air tersebut tentunya akan mendukung kelancaran distribusi logistik nasional, memudahkan mobilitas masyarakat, dan menunjang kegiatan perekonomian sehingga dapat menyejahterakan masyarakat.

BERITA TERKAIT

"Pembangunan infrastruktur juga dibarengi dengan berbagai program lainnya, seperti subsidi operasional sehingga layanan transportasi semakin terjangkau, nyaman, dan berkeadilan,” ucap Menhub.

Menhub juga menyebutkan bahwa Bangsa Indonesia patut berbahagia karena saat ini telah hadir berbagai alternatif moda transportasi modern yang ramah lingkungan, nyaman, cepat, dan terintegrasi.

Di antaranya seperti Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), Bus Rapid Transit (BRT), Whoosh, dan Autonomus Rail Transit (ART) yang baru-baru ini digunakan di Ibu Kota Nusantara.

Budi Karya menyatakan Hub Space 2024 ini menjadi momen yang istimewa, sebab kerja sama seluruh stakeholder telah berhasil menuntaskan amanah penyelenggaraan transportasi sesuai visi misi Presiden Joko Widodo selama 10 tahun terakhir, yakni mewujudkan Indonesia Sentris.

Baca juga: Kemenhub Terbitkan SE Pencegahan Mpox, Pelaku Perjalanan Luar Negeri Wajib Pakai Aplikasi Satu Sehat

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan, seiring ragam tantangan di sektor transportasi yang semakin kompleks, Pemerintah telah melakukan berbagai upaya penting untuk memajukan transportasi dan konektivitas di Indonesia yakni pembangunan infrastruktur transportasi untuk memperbaiki kualitas dan peningkatan konektivitas antarwilayah.

"Agar sistem transportasi di setiap daerah Indonesia semakin tertib dan terkendali, diperlukan percepatan pembangunan transportasi publik yang efisien, merata dan berkelanjutan," katanya.

Juga perlu peningkatan investasi pembiayaan infrastruktur melalui pembiayaan kreatif non APBN dan partisipasi swasta; mengoptimalkan sinergi multipihak demi mempercepat perluasan konektivitas di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas