Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wapres Sebut Ekonomi dan Keuangan Syariah Mampu Menjadi Arus Baru Perekonomian Indonesia

Kontribusi ekonomi dan keuangan syariah terhadap perekonomian nasional telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam lima tahun terakhir.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Wapres Sebut Ekonomi dan Keuangan Syariah Mampu Menjadi Arus Baru Perekonomian Indonesia
Istimewa
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin pada acara yang diselenggarakan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Kampus UNDIP, Kota Semarang. Ma'ruf Amin mengungkapkan tumbuhnya ekonomi dan keuangan syariah nasional terbukti mampu mendukung ketahanan ekonomi nasional. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengungkapkan tumbuhnya ekonomi dan keuangan syariah nasional terbukti mampu mendukung ketahanan ekonomi nasional.

Capaian itu kata Wapres, jadi arus baru dalam perekonomian Indonesia.




Hal itu disampaikan Wapres saat berpidato pada Seminar Nasional yang bertajuk Membaca Ekonomi dan Keuangan Syariah pada Pemerintahan Baru Indonesia di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Kampus UNDIP, Kota Semarang, Rabu (11/9/2024).

"Capaian ini menunjukkan bahwa ekonomi dan keuangan syariah dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman, berkontribusi pada perekonomian nasional, dan berpotensi besar di pasar global, serta mampu menjadi arus baru dalam perekonomian Indonesia," terang Wapres.

Baca juga: Jaga Ekonomi Nasional, Menteri PANRB & Menteri PPN Dorong Lembaga Ekonomi Syariah Diperkuat

Tidak hanya itu, kontribusi ekonomi dan keuangan syariah terhadap perekonomian nasional, lanjut wapres, telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam lima tahun terakhir.

"Kontribusi aktivitas usaha syariah terhadap PDB nasional pada Desember 2023 mencapai hampir 47 persen. Bahkan, pangsa pasar keuangan syariah saat ini telah mencapai 11,04 persen terhadap total aset keuangan nasional," paparnya.

BERITA TERKAIT

Pada sektor dana sosial syariah, potensi besar wakaf uang yang telah terakumulasi sebesar 2,56 triliun rupiah.

Bahkan, sambung Wapres, zakat, infak, sedekah, dan dana keagamaan sosial lainnya telah mencapai 32,3 triliun rupiah.

Selain dalam lingkup nasional, pada kesempatan ini Wapres juga mengapresiasi kontribusi yang telah diraih dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah di lingkup global.

"Perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat global juga cukup membanggakan," puji Wapres.

"Indonesia berhasil meraih peringkat ketiga dalam Global Islamic Economy Indicator dan Islamic Finance Development Indicator, pada tahun 2023," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas