Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketika Menkumham Ajak Hadirin Doakan Ibu Sopirnya yang Wafat Sebelum Buka Kick-Off Hari HAM Sedunia

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas mengajak para hadirin untuk mendoakan ibu sopirnya yang wafat semalam.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Ketika Menkumham Ajak Hadirin Doakan Ibu Sopirnya yang Wafat Sebelum Buka Kick-Off Hari HAM Sedunia
Tribunnews.com/ Gita Irawan
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas saat memberikan sambutan pada Pencanangan (Kick Off) Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Ke-76 Tahun 2024 dan Deklarasi Pilkada Bagi Pemilih Pemula di Graha Pengayoman Kuningan Jakarta Selatan pada Rabu (25/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas mengajak para hadirin untuk mendoakan ibu sopirnya yang wafat semalam.

Hal itu diungkapkannya sebelum meresmikan Pencanangan (Kick Off) Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Ke-76 Tahun 2024 dan Deklarasi Pilkada Bagi Pemilih Pemula di Graha Pengayoman Kuningan Jakarta Selatan pada Rabu (25/9/2024).

"Bapak Ibu sekalian, sebelum saya memberikan sambutan pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk mengajak Bapak Ibu semua, kebetulan semalam, salah seorang ibunda dari keluarga besar kita yakni Saudara Edi yang selama ini mendampingi saya sebagai driver (sopir). Ibunya meninggal dunia semalam," kata Supratman.

"Saya mengajak kita untuk mengirimkan Alfatihah kepada almarhumah semoga segala dosa dan kesalahan beliau bisa diampuni Allah SWT. Sekaligus semua amal ibadahnya mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT," sambung dia.

Setelah mendoakan almarhum ibu dari sopirnya, Supratman lalu memulai sambutannya.

Baca juga: Peringatan Hari HAM Sedunia di Manokwari Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata, 2 Pendemo Diamankan

Ia mengatakan acara tersebut sangat penting karena merupakan komitmen dari Kemenkumham terhadap perlindungan, pemajuan, penegakan, dan penghormatan HAM di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan pemenuhan hak kebutuhan dasar terkait hak asasi manusia tidak hanya menjadi kewajiban satu golongan saja.

Akan tetapi, lanjut dia, baik negara dan seluruh elemen bangsa ini bertanggung jawab terhadap penegakan hak asasi manusia.

Ia mengatakan momen tersebut menjadi sangat istimewa karena bertepatan dengan peringatan hari perdamaian dunia internasional yang mengangkat tema Cultivating a Culture of Peace.

Baca juga: Peringati Hari HAM ke-75, Kemenkumham Buka Layanan Paspor di Lapangan Banteng

Peringatan Hari HAM yang akan dilaksanakan pada 10 Desember 2024 mendatang, kata dia, juga membawa tema besar Harmoni Keberagaman Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. 

Tema tersebut, lanjut dia, bukan hanya sekadar semboyan, tapi sebuah refleksi cita-cita besar kita sebagai bangsa yang hidup dalam keberagaman. 

"Indonesia yang kita impikan di tahun 2045 saat 100 tahun kemerdekaan adalah Indonesia yang adil, damai, dan inklusif. Di mana setiap warga negaranya hidup dalam harmoni, saling menghargai, dan mendapatkan hak asasi yang dijamin oleh negara," kata Supratman.

Ia melanjutkan, salah satu hak fundamental dalam demokrasi yang harus terus ditegakkan adalah hak untuk memilih dan dipilih.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas