Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mabes TNI Klarifikasi Raffi Ahmad yang Pakai Atribut Militer saat HUT ke-79 TNI: Tak Langgar Aturan

Hariyanto juga mengakui ada perbedaan pandangan dari kalangan masyarakat yang memandang pemakaian atribut seragam TNI oleh Raffi Ahmad adalah menyalah

Penulis: Gita Irawan
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Mabes TNI Klarifikasi Raffi Ahmad yang Pakai Atribut Militer saat HUT ke-79 TNI: Tak Langgar Aturan
net
Artis Raffi Ahmad mengenakan seragam dan atribut TNI untuk pasukan PBB 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) angkat bicara atas munculnya kritik terhadap artis Raffi Ahmad yang mengenakan seragam dan atribut prajurit TNI saat HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat pada Sabtu (5/10/2024) lalu.

tidak melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku dengan mengenakan seragam dan atribut prajurit TNI saat HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat pada Sabtu (5/10/2024) lalu.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Hariyanto menyatakan pengenaan atribut dan seragam TNI oleh Raffi Ahmad adalah tidak melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku.

Dijelaskannya, tujuan pengenaan atribut dan seragam oleh Raffi Ahmad adalah sebagai sarana dalam bentuk komunikasi sosial strategis yang melibatkan berbagai pihak, termasuk figur publik.

Hal itu, kata dia, juga dilakukan dalam rangka mendukung kampanye kebangsaan dan mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat.

"Sedangkan pemakaian seragam TNI dalam acara seremonial sebatas HUT ke-79 TNI tidak untuk melanggar aturan ketentuan yang berlaku, melainkan dilakukan sebagai simbol kebersamaan, kemanunggalan TNI dan rakyat," kata Hariyanto saat dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (8/10/2024).

BERITA REKOMENDASI

"TNI tetap berkomitmen menjaga marwah dan kehormatan atribut seragamnya sesuai peraturan yang berlaku. Dan setiap penggunaan seragam di luar acara resmi tetap tunduk pada aturan yang ketat sesuai dengan ketentuan yang berlaku," sambung dia.

Baca juga: Raffi Ahmad Disorot Pakai Atribut Tentara Baret Biru di HUT TNI, Terungkap Penampilannya Tahun Lalu

Hariyanto juga mengakui ada perbedaan pandangan dari kalangan masyarakat yang memandang pemakaian atribut seragam TNI oleh Raffi Ahmad adalah menyalahi aturan.

Namun, menurutnya penggunaan seragam tersebut dilakukan dengan pengawalan yang ketat hanya dalam konteks acara resmi HUT Ke-79 TNI yang digelar di Lapangan Silang Monas Jakarta.

"Kami perlu memberikan klarifikasi tentang penggunaan seragam TNI yang merupakan simbol kehormatan dan kebanggaan yang tentunya harus dijaga, bahkan tidak diperbolehkan sembarang orang untuk memakainya," kata Hariyanto.

"Terkait hal ini. Tentunya penggunaan seragam dengan pengawalan yang ketat hanya dalam konteks acara resmi HUT Ke-79 TNI yang digelar di Silang Monas Jakarta," sambung dia.

TB Hasanuddin Pertanyakan Atribut Militer Raffi Ahmad

Penggunaan seragam tentara lengkap dengan baretnya oleh artis Raffi Ahmad saat menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79 yang digelar pada Sabtu (5/10/2024), di Monumen Nasional (Monas) dipertanyakan oleh Anggota DPR RI Fraksi PDI-P Mayjen TNI ( Purn) TB Hasanuddin.

Baca juga: Polri Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Kapolres Boyolali AKBP Muhammad Yoga akibat Laka Lantas

Ia mempertanyakan alasan Raffi memakai seragam dan atribut pasukan PBB TNI sebagaimana yang terlihat dalam video yang diunggah di akun Instagram resmi Raffi Ahmad.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas