Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Temani Jokowi Resmikan Gedung Amanah Aceh, Budi Gunawan Puji Pemerataan Pembangunan

Ditemani Budi Gunawan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (Amanah), Selasa

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Yurika NendriNovianingsih
zoom-in Temani Jokowi Resmikan Gedung Amanah Aceh, Budi Gunawan Puji Pemerataan Pembangunan
SERAMBINEWS.COM/Rianza Alfandi
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) didampingi Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn.) Budi Gunawan dan Penjabat Gubernur Aceh Safrizal ZA, beserta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju saat meninjau gedung Amanah, di Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong, Aceh Besar, Selasa (15/10/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (Amanah), Selasa (15/10/2024).

Amanah Youth Creative Hub merupakan pusat pengembangan dan pelatihan talenta muda berbakat agar dapat mengembangkan minat di bidang ekonomi kreatif dan digitalisasi.

Jokowi mengapresiasi inisiatif Badan Intelijen Negara (BIN) dalam meningkatkan kompetensi SDM bangsa, khususnya generasi muda Aceh.

Presiden mengatakan, saat ini kompetisi antarnegara begitu ketat.

“Oleh sebab itu, kunci kita adalah bagaimana kita bisa menciptakan SDM unggul, sehingga kita bisa berkompetisi dengan negara lain,” ungkap Jokowi, dikutip dari Youtube Setkab.

Jokowi mengaku terkagum dengan banyaknya inovasi dan kreativitas Aceh melalui Amanah.

“Hari ini saya betul-betul sangat kagum atas inovasi, atas kreativitas anak-anak muda di Aceh yang saya lihat sangat sangat kreatif dan inovatif, baik itu di fashion, desain, menurut saya sangat berkelas,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI

Jokowi meyakini, adanya pengelolaan sumber daya alam dengan maksimal, maka bukan tidak mungkin Aceh akan mendapatkan nilai tambah hingga berlipat jika dibandingkan hanya mengekspor produk mentah saja.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengapresiasi inisiasi BIN dalam pengembangan creative hub di Aceh dan berharap ada program serupa hingga di berbagai provinsi lain.

“Saya sangat mengapresiasi inisiasi dari BIN (Badan Intelijen Negara) yang telah menyiapkan ini, dan kita harapkan di semua Provinsi nanti ada creative hub seperti ini,” ujarnya.

Baca juga: Isi Pembicaraan Telepon Jokowi dan Xi Jinping, Indonesia-China Tetap Mesra di Pemerintahan Prabowo?

Budi Gunawan Puji Jokowi

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala BIN, Budi Gunawan turut mengapresiasi capaian kepemimpinan Jokowi.

“Presiden Jokowi adalah presiden dengan approval rating terbaik di dunia hingga saat ini, saya rasa tidak berlebihan, karena Bapak betul-betul telah membangun dan memeratakan pembangunan di Indonesia, tidak hanya Jawasentris,” katanya.

Keberhasilan pembangunan Amanah, kata Budi Gunawan, tidak lepas dari kontribusi Jokowi yang telah menyerap dan mewakili suara anak muda Aceh.

“Semua kemajuan yang mereka hasilkan adalah merupakan buah keberhasilan anak-anak muda yang bisa diperoleh sebagai amal jariyah dari Bapak Presiden Joko Widodo,” tutur Budi Gunawan.

Untuk diketahui, di hari yang sama, Presiden Jokowi mengajukan surat permohonan pertimbangan untuk mencopot Budi Gunawan  dari jabatan Kepala BIN kepada DPR.

Presiden Jokowi mengusulkan nama Wakil Menteri Pertahanan, Herindra, sebagai penerus Budi Gunawan.

 Surat tersebut dibacakan Ketua DPR Puan Maharani dalam rapat paripurna, pada Selasa, (15/10/2024).

(Tribunnews.com/Gilang Putranto, Taufik Ismail)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas