Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengintip Sikap Megawati Jelang Pelantikan Prabowo: Utus Pramono ke Kertanegara, Datang ke Kampus UI

PDIP tentu punya bargaining politic untuk masuk ke pemerintahan baru dan berada diluar kekuasaan

Editor: willy Widianto
zoom-in Mengintip Sikap Megawati Jelang Pelantikan Prabowo: Utus Pramono ke Kertanegara, Datang ke Kampus UI
dok PDIP
Presiden kelima sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri sidang terbuka promosi doktor kajian strategik dan global untuk Hasto Kristiyanto di Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Jumat (18/10/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepastian mengenai apakah PDI Perjuangan (PDIP) akan bergabung dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran hingga saat ini masih menjadi tanda tanya. Tidak ada sinyal yang menunjukkan partai banteng moncong putih tersebut bakal bergabung.

Baca juga: Berkebaya Merah, Megawati Hadiri Sidang Promosi Doktor Hasto Kristiyanto di UI Depok

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri pun belum menunjukkan sikap yang tegas menyatakan diri berkoalisi dengan partai pendukung pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun, Megawati sempat mengutus Eks Sekretaris Kabinet(Seskab) yang juga Politikus PDIP, Pramono Anung ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa(15/10/2024) lalu.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Guntur Romli mengatakan, Pramono Anung mendatangi kediaman Presiden terpilih, Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta, bukan untuk menjadi calon menteri. Menurut Guntur, Pramono datang untuk membawa pesan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Bukan calon menteri, tetapi bawa pesan dari Ibu Megawati," kata Guntur.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah juga mendatangi kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis(17/10/2024) kemarin. Ia membawa pesan untuk Megawati seusai bertemu dengan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. Akan tetapi pesan apa yang hendak disampaikan Basarah enggan menjelaskan hal tersebut secara gamblang. 

Baca juga: Ganjar Isyaratkan PDIP Tak Merapat ke Pemerintahan Prabowo-Gibran, Tinggal Tunggu Keputusan Megawati

Sedianya memang Megawati dan Prabowo dijadwalkan bertemu pada Kamis(17/10/2024) atau tepat di hari ulang tahun Prabowo ke-73. Ketua DPP PDIP Puan Maharani masih menjawab Insya Allah mengenai rencana tersebut.

Puan enggan berkomentar lebih lanjut soal pertemuan kedua tokoh itu. Ketua DPR RI itu justru mengucapkan selamat ulang tahun untuk Prabowo Subianto.

BERITA REKOMENDASI

"Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat ulang kepada pak Prabowo. Semoga selalu sehat, panjang umur, bisa memimpin Indonesia menjadi Indonesia yang lebih baik," pungkas Puan.

Prabowo memang sempat meninggalkan lokasi pembekalan calon menteri dan wakil menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Isu berhembus Prabowo bakal menemui Megawati. 

Tetapi kata Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Prabowo keluar dari Hambalang untuk menuju Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Dia sedang ada jadwal menerima tamu dari luar negeri. "Pak Prabowo ada terima tamu di Kemhan. Ada tamu dari luar negeri yang memang sudah jadwal," kata Dasco.

Baca juga: Ibas: Pesan Pak SBY MPR Harus Bisa Menjadi Telinga dan Terus Berjuang untuk Bangsa

Lagi pula, Wakil Ketua DPR RI itu mengatakan Prabowo sudah memberikan pembekalan kepada calon wamen. Dengan begitu, kehadirannya dirasa sudah cukup. "Ini kan karena memang acara wamen ini Pak Prabowo sudah ngasih pembekalan lagi sehingga dianggap cukup," pungkasnya.

Sementara itu pada Jumat(18/10/2024), Presiden kelima sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri acara sidang promosi gelar doktor Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Megawati tiba di Gedung Balai Sidang UI Depok sekira pukul 13.40 WIB. Dia mengenakan kebaya merah.


Megawati didampingi putranya sekaligus Ketua DPP PDIP Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif dan Digital, Prananda Prabowo. Kedatangan Megawati disambut langsung oleh Hasto bersama sejumlah petinggi PDIP yang hadir.

Mantan Menteri Hukum dan HAM sekaligus Ketua DPP PDIP, Yasonna Laoly hingga Ahmad Basarah, hadir dalam acara itu. Acara ini juga dihadiri mantan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Baca juga: Momen Puan dan Prananda Rangkul Megawati di Sekolah Partai PDIP

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas