Tribun

Warga Rusia Pelaku Pencucian Uang Kripto Akhirnya Diekstradisi ke AS 

Warga Rusia bernama Denis Dubnikov (29) diduga terlibat kasus pencucian uang kripto di Belanda dan kini diekstradisi ke Amerika Serikat.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Warga Rusia Pelaku Pencucian Uang Kripto Akhirnya Diekstradisi ke AS 
Sputnik News
Warga Rusia bernama Denis Dubnikov (29) diduga terlibat kasus pencucian uang kripto di Belanda dan kini diekstradisi ke Amerika Serikat. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 

TRIBUNNEWS.COM, AMSTERDAM - Seorang warga negara Rusia bernama Denis Dubnikov (29) diduga terlibat kasus pencucian uang kripto di Belanda dan kini diekstradisi ke Amerika Serikat (AS).

Denis Dubnikov telah diekstradisi minggu ini dari Belanda ke AS, di mana ia menghadapi tuduhan pencucian uang kripto di Kantor Kejaksaan AS di Portland, Distrik Oregon. 

Dubnikov membuat penampilan perdananya di pengadilan federal pada Rabu (17/8/2022) lalu, dan pengadilan juri selama lima hari dijadwalkan akan dimulai 4 Oktober mendatang.

Pada bulan Agustus 2021, dewan juri federal di pengadilan Portland mendakwa pria ini atas perannya dalam konspirasi pencucian uang kripto internasional.

Menurut dakwaan tersebut, Dubnikov dan kaki tangannya secara sadar dan sengaja telah mencuci dana hasil serangan ransomware yang menargetkan individu dan organisasi di seluruh AS serta negara lain.

Tindak kriminalnya ini dilakukan antara bulan Agustus 2018 dan Agustus 2021. Pria ini tertangkap di Amsterdam, Belanda pada bulan November lalu.

Para pelaku secara khusus mencuci pembayaran uang tebusan yang diambil dari korban serangan ransomware Ryuk.

Baca juga: Rugi Akibat Peretasan Kripto Sejak Januari Tembus 1,9 Miliar Dolar AS  

Serangan ransomware ini pertama kali diidentifikasi empat tahun lalu. Ryuk adalah perangkat lunak yang mengenkripsi file dan mencoba menghapus cadangan sistem, yang telah dikaitkan dengan grup ransomware Rusia.

Ransomware ini menargetkan rumah sakit dan penyedia layanan kesehatan di AS.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas