Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Alasan Mobil Murah Datsun Bakal Dipasangi Rem ABS dan Airbag

Permasalahannya, selain struktur bodinya lemah, juga mobil murah ini tidak dilengkapi dengan rem ABS dan Airbags

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Alasan Mobil Murah Datsun Bakal Dipasangi Rem ABS dan Airbag
IST

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI – Sebelumnya diberitakan kalau Datsun GO gagal memenuhi uji tabrak dari Global NCAP. Permasalahannya, selain struktur bodinya lemah, juga mobil murah ini tidak dilengkapi dengan rem ABS dan Airbags, sehingga tidak mendapat satupun rating bintang keselamatan.

Nah, berkaca dari hal itu, Nissan India langsung mengambil langkah strategis. Seperti dilansir IndianAutosBlog hari ini (5/11) Nissan India Operation President, Guillaume Sicard mengatakan, kalau sebenarnya Datsun GO sudah memenuhi regulasi mobil lokal di India. "Namun kami bersedia untuk mengadopsi serta membantu mengembangkan standar keselamatan kendaraan," ujarnya.

Kebetulan, di pasar India, Datsun GO varian tertinggi pun belum dipasangi rem ABS dan Airbags. Sama dengan di Indonesia. Namun, dengan adanya laporan dari Global NCAP ini, Nissan akan mempertimbangkan untuk memasang rem ABS dan airbags pada Datsun GO.  

Global NCAP Secretary General, David Ward, mengungkapkan kalau Datsun GO memiliki struktur bodi yang sangat lemah, sehingga rem ABS dan Airbags sangat diperlukan ada di mobil ini. Dirinya pun merasa kecewa mengetahui saat peluncuran Datsun GO tidak dilengkapi rem ABS dan Airbags.

Dia juga menyarankan kalau NCAP India harus mulai mengadopsi standar crash test minimum internasional untuk mengurangi korban jiwa di jalanan, juga untuk mencegah mobil-mobil dibawah standar masuk ke pasar India.

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Otomotif Net
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas