Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penyebab Rem Cakram di Kuda Besi Jadi Peyang

Penyebab lain cakram peyang adalah karena cakram sudah kemakan atau tipis. Nah saat bergesekan dengan kampas rem otomatis panas

Penyebab Rem Cakram di Kuda Besi Jadi Peyang
IST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Lagi bermasalah dengan rem cakram depan maupun belakang tunggangan kesayangan ente bro, yakni terasa ndut-ndutan saat tuas rem ditarik atau ditekan? Tenang, tak usah panik dan bingung lagi, pasalnya hal ini sudah banyak yang mengalaminya.

“Kalau gejalanya seperti itu, biasanya cakram peyang atau oleng. Penyebab utamanya yaitu pernah terkena benturan atau menabrak benda keras. Solusinya mesti ganti cakram baru biar kampas remnya enggak cepat habis,” tutur Safrudin, kepala bengkel Clara Motor II.

Pria akrab disapa Udin ini bilang mengapa bisa bikin kampas rem cepat habis? Karena belum waktunya rem difungsikan, tapi kampas rem sudah bekerja yakni bergesekan dengan bagian cakram yang peyang. Hal tersebut berlangsung terus-menerus selama roda berputar. Alhasil cakram akan cepat menipis.

“Selain karena benturan, penyebab lain cakram peyang yakni sang empunya sering lupa membuka gembok yang dipasang pada cakram. Kalau cuma sekali dua kali, mungkin tidak masalah. Tapi kalau keseringan, pasti akan memicu cakram peyang,” wanti pria yang ngepos di Jl. Arteri Kelapa Dua, Kebun Jeruk, Jakbar ini.

Nazar, empunya Nazar Motor (NM) juga mengamini bahwa indikasi utama cakram oleng adalah saat ngerem, terasa ndut-ndutan. Tuas rem akan terasa naik-turun secara kontinyu.

“Penyebab lain cakram peyang adalah karena cakram sudah kemakan atau tipis. Nah saat bergesekan dengan kampas rem otomatis panas, lama-lama permukaan yang sudah menipis tersebut akan melengkung. Tapi prosesnya cukup lama,” yakin pebengkel Jl. Kebagusan Raya, Jaksel ini.

Sumber: Otomotif Net
Ikuti kami di
Tags
rem cakram
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas