Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mobil Baru Didiskon Bikin Rusak Harga Mobil Bekas di Pasaran

Diskon masif yang ditawarkan oleh masing-masing merek otomotif akhir tahun seperti ini cukup besar.

Mobil Baru Didiskon Bikin Rusak Harga Mobil Bekas di Pasaran
HANDOUT
Mobil bekas menjadi pilihan menarik bagi sebagian orang yang ingin memiliki mobil. 'Hot Deals Carnnvals', Pameran Mobil Bekas dan Berkualitas, yang diselenggarakan portal marketplace otomotif Mobil123.com di di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang, Sabtu-Minggu (29-30/9/2018) menawarkan sekitar 150 unit mobil bekas berbagai merk, tipe dan tahun pembuatan dengan kondisi masih mulus. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Diskon masif yang ditawarkan oleh masing-masing merek otomotif akhir tahun seperti ini cukup besar.

Secara nominal bisa mencapai puluhan juta rupiah, sengaja untuk merangsang minat konsumen untuk membeli.

Satu sisi begitu menguntungkan buat konsumen, karena bisa membeli mobil baru dengan banderol lebih murah. Tetapi, dari kaca mata pedagang atau pebisnis mobil bekas, tentu kondisi itu merugikan.

Seperti yang diungkapkan oleh Halomoan Fischer Lumbantouran, Presiden Direktur mobil88, jika diskon besar-besaran, maka mobil di segmen tersebut harga bekasnya akan anjlok, karena pedagang secara otomatis harus menurunkan banderol juga.

Baca: Aturan Ganjil-genap di Jakarta Tak Serta Merta Bikin Orang Beli Mobil Bekas

 "Misal Avanza 2015 harganya Rp 150 juta, kalau diskon yang barunya Rp 20 juta, otomatis kita turunkan harga juga sekitar itu, berarti mobil konsumen kita beli juga sebelumnya lebih murah lagi," kata Fischer ketika berbincang belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan. 

Menurut Fischer, kondisi tersebut otomatis akan berimbas pada semua pedagang mobil bekas, karena jika tetap mempertahankan harga, tidak akan ada konsumen yang mau membeli mobil bekas tersebut.

"Pikiran konsumen mending beli yang baru dengan diskon puluhan juta rupiah itu, tapi pada akhirnya kita ikut menurunkan harga, kalau tidak mana laku," ujar Fischer.

Perang diskon seperti itu, berdasarkan pantauan awal bulan ini, paling besar berada disegmen low multi purpose vehicle (LMPV), yakni bisa mencapai Rp 28 juta, dan hatchback ada yang menawarkan Rp 35 juta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diskon Mobil Baru Pengaruhi Harga Mobkas" 

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas