Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Ratusan Mobil Antik Asal Perancis Berkumpul di Jakarta Bawa Misi Khusus

Para peserta datang dari lintas generasi, mulai dari era 1950an seperti Citroen Traction Avant, hingga yang terbaru seperti Peugeot 5008.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Ratusan Mobil Antik Asal Perancis Berkumpul di Jakarta Bawa Misi Khusus
TRIBUNNEWS.COM/LITA
Para peserta datang dari lintas generasi, mulai dari era 1950an seperti Citroen Traction Avant, hingga yang terbaru seperti Peugeot 5008. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan mobil antik dari merek Peugeot, Renault dan Citroen asal Prancis berkumpul dalam gelaran Saturday French Automobile Meet Up 2019 di Mitra Terrace, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019).

Mobil yang dihadirkan pada gelaran kedua SFAM ini berjumlah lebih dari 100 unit, gelaran pertama pada tahun 2017 hanya menghadirkan 60 unit saja.

Para peserta datang dari lintas generasi, mulai dari era 1950an seperti Citroen Traction Avant, hingga yang terbaru seperti Peugeot 5008.

Mayoritas mobil peserta yang ditampilkan merupakan tipe-tipe mobil yang sangat jarang ditemui di Indonesia.

Baca: Begini Mengenal dan Memilih Ban yang Cocok untuk Mobil Anda

Hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk mengabadikan moment di SFAM.

Ketua Panitia SFAM 2019, Marius Praktinjo mengatakan bahwa acara digagas sebagai ajang berkumpul dan bersilaturahmi antar komunitas dan pemilik mobil Perancis.

BERITA REKOMENDASI

"Pada edisi kedua ini, acara jelas jauh lebih meriah dan lebih ramai. Teman-teman komunitas yang hadir juga jauh lebih banyak, bahkan lebih dari 100 mobil. Mobil-mobil langka yang di edisi pertama belum ada, sekarang di edisi kedua sudah ada," tutur Marius saat acara di Mitra Terrace, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019).

Guna memeriahkan event, berbagai kegiatan menarik dihadirkan seperti Classic and Electric Car Display, Car Sale, Trunk Sale, Talk Show, Live Music, Stand Up Comedy, hingga Games dan Doorprize.

Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) ikut meramaikan acara ini, seperti Maxindo Renault Indonesia, Astra Peugeot Indonesia dan Peugeot Motorcycles.

Tak ketinggalan, ada pula area test drive yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menjajal beberapa mobil dari Maxindo Renault Indonesia, yakni Kwid dan Koleos.

COO Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tuilan mengungkap bahwa dirinya baru mengetahui ada event berkumpul khusus kendaraan Prancis hingga kemudian ia mengajak teman dari kedutaan besar Prancis, Rachid Boulalouine untuk datang.

"Bagi Maxindo Renault, acara seperti ini tentu sangat penting. Karena, tidak bisa dipungkiri, teman-teman komunitas memiliki kontribusi sangat penting dalam memperkenalkan dan menjaga ekosistem mobil Renault di Indonesia," terang Davy.

Senada dengan yang disampaikan Davy, After Sales Service Head Astra Peugeot Indonesia, Aidil Swastomo mengaku sangat terkesan dengan acara SFAM 2019.

Aidil juga mengatakan, acara seperti SFAM 2019 ini haruslah rutin diadakan, guna mempersatukan para pengguna mobil Prancis di Indonesia.

"Astra Peugeot sendiri tentunya akan selalu mendukung kegiatan dari teman-teman komunitas Peugeot di Indonesia. Kami pun akan selalu membantu para teman-teman komunitas yang memiliki mobil lawas apabila ingin mencari kebutuhan suku cadang mereka," kata Aidil Swastomo.

Melalui acara ini pula, pihak penyelenggara ingin melakukan penolakan terhadap peraturan pembatasan usia kendaraan di Jakarta.

"Sebenernya acara ini juga kami adakan sebagai bentuk protes terhadap peraturan pembatasan usia kendaraan. Nggak semua mobil tua itu penyumbang polusi kalau dirawat dengan baik. Nah teman-teman di sini kan mobilnya kebanyakan mobil koleksi, jadi mobilnya selalu dirawat," jelas Penggagas Acara, Sonny Boediwibowo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas