Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Kabar Terbaru Daihatsu MPV Hy-Fun untuk Pasar Indonesia

Bagaimana kelanjutan mobil hybrid dengan segudang fitur canggih dengan tampilan ekterior dan interior futuristik di Indonesia?

Penulis: Y Gustaman
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Kabar Terbaru Daihatsu MPV Hy-Fun untuk Pasar Indonesia
Tribunnews/Jeprima
Produsen mobil asal Jepang, Daihatsu memamerkan mobil konsep terbarunya HYFun pada gelaran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Jumat (19/7/2019). Pengenalan mobil yang digadang-gadang menjadi calon Xenia di masa depan tersebut juga berstatus world premiere. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Y Gustaman

TRIBUNNEWS.COM, TOKYODaihatsu Hy-Fun diproyeksikan sebagai kendaraan masa depan untuk keluarga pernah dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia Auto Show 2019.

Bagaimana kelanjutan mobil hybrid dengan segudang fitur canggih dengan tampilan ekterior dan interior futuristik di Indonesia?

Baca: Melihat Booth Daihatsu di Tokyo Motor Show 2019: Bernuansa Masa Depan

Ditemui di ajang pembukaan Tokyo Motor Show 2019, Presiden Direktur Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira, mengaku pihaknya masih mempelajari Hy-Fun.

Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra menjelaskan proyek Hy-Fun masih jalan. Kendati begitu penerus Xenia meski desainnya multi purpose vehicle (MPV).

President of Daihatsu Motor Co Ltd Soichiro Okudaira (kedua dari kiri) meluncurkan konsep Daihatsu Hyfun, MPV hybrid murah, berstatus world premiere di GIIAS 2019.
President of Daihatsu Motor Co Ltd Soichiro Okudaira (kedua dari kiri) meluncurkan konsep Daihatsu Hyfun, MPV hybrid murah, berstatus world premiere di GIIAS 2019. (Kompas.com/Stanley Ravel)

Menurut Amelia, Hy-Fun merupakan mobil konsep yang baru pertama kali dipamerkan di ajang GIIAS dan memang sasarannya anak muda.

Ia menjelaskan, saat ini Pemerintah belum memberikan aturan yang jelas soal mobil listrik di Indonesia. Sehingga produsen akan menunggu kepastiannya.

BERITA TERKAIT

"Itu belum ada Peraturan Menteri-nya. Kami lihat dulu perinciannya, baru akan kami kalkulasikan lagi seperti apa,” ungkap wanita yang akrab disapa Amel ini.

Sementara sampai saat ini, sambung Amel, Daihatsu belum merencanakan untuk membuat prototipe Hy-Fun karena masih melihat reaksi pasar.

Sebagai kendaraan dengan lima penumpang yang dirancang untuk segmen anak muda, hasil survei malah berkata lain. Di mana anak muda justru cenderung memilih SUV.

"Hasil survei, anak muda belum matching. Anak muda lebih banyak ke SUV, jadi kita mesti monitor lagi."

"Intinya belum terlalu match, jadi kami mesti survei sekali lagi matching atau tidaknya. Termasuk regulasi," beber Amel.

Kesan Hy-Fun sebagai mobil keluarga masa depan begitu jelas dari desain lampu utama yang menyipit di bagian atas seperti digunakan pada All New Terios.

Sementara untuk bumper depan dibuat dengan desain tajam yang dikombinasikan dengan model gril bertingkat layaknya Xenia facelift.

Tak hanya itu, Daihatsu juga memberikan sentuhan warna biru pada tiap ruas gril guna mengaskan teknologi hibrida yang digunakannya.

Chief Executive PT Astra International Daihatsu Sales Operation Supranoto (kiri) bersama Presiden Daihatsu Motor Company Ltd Soichiro Okidaira memperkenalkan mobil konsep Hy-Fun saat pembukaan Gaikindo Indonesia Internantional Auto Show 2019 di BSD City, Tangerang, Kamis (18/7/2019). Sesuai tema Funtastic GeneratiON yang diusung Daihatsu mendadani booth layaknya instalasi modern art yang saat ini digandrungi anak-anak muda, dengan nuansa ceria, aktif dan youthful.
Chief Executive PT Astra International Daihatsu Sales Operation Supranoto (kiri) bersama Presiden Daihatsu Motor Company Ltd Soichiro Okidaira memperkenalkan mobil konsep Hy-Fun saat pembukaan Gaikindo Indonesia Internantional Auto Show 2019 di BSD City, Tangerang, Kamis (18/7/2019). Sesuai tema Funtastic GeneratiON yang diusung Daihatsu mendadani booth layaknya instalasi modern art yang saat ini digandrungi anak-anak muda, dengan nuansa ceria, aktif dan youthful. (Tribunnews.com)

Baca: 4 Mobil Konsep Daihatsu yag Dipaerkan di Tokyo Motor Show 2019

Dari samping, siluet Hy-Fun lebih kental dengan tampilan SUV dengan atap tinggi dan melandai di belakang. Apalagi konsepnya menggunakan pelek berdimensi besar.

Menariknya, sistem buka tutup pintu pada baris pertama dan kedua juga cukup unik dengan mengusung sistem geser yang berlawan arah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas