Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tahun 2022 Isuzu Mulai Terapkan Standar Euro 4, Lima Isu Ini Jadi Fokus

Sebagai produsen kendaraan komersial di Tanah Air, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) siap memberlakukan standar emisi Euro 4 pada 2022

Tahun 2022 Isuzu Mulai Terapkan Standar Euro 4, Lima Isu Ini Jadi Fokus
ist
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai produsen kendaraan komersial di Tanah Air, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) siap memberlakukan standar emisi Euro 4 pada 2022. 

IAMI juga menilai penerapan standar emisi Euro 4 pada produk kendaraan yang dibuat di Indonesia akan mampu meningkatkan daya saing sekaligus meningkatkan peluang ekspor.

General Manager Product Development PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Tonton Eko, mengatakan walaupun dapat berdampak baik namun saat peralihan ini akan membawa beberapa hambatan.

Baca juga: Toyota Hino Isuzu Perkuat Modal Bersama Percepat Elektrifikasi

"Kita sebagai partner customer Isuzu tentunya kita sangat memahami akan adanya hambatan dalam rangkaian peralihan ini dan kita coba bagi menjadi lima isu, karena Euro 4 ini memang tidak mudah untuk konsumen," tutur Tonton saat Talkshow Peluang Indonesia di Pasar Global dengan Implementasi Euro 4, Rabu (28/4/2021).

Isu pertama adalah soal bahan bakar yang mengharuskan standar yang lebih tinggi dibandingkan Euro 2.

"Engine kita memang dirancang untuk penggunaan bahan bakar yang sesuai untuk spesifikasi Euro 4, karena kalau menggunakan spesifikasi bahan bakar di bawah itu tentunya akan timbul kerusakan dan itu akan membuat biaya perawatan customer meningkat," jelas Tonton.

Isu kedua adalah dengan adanya perubahan bahan bakar tentunya logistic cost konsumen akan meningkat.

Dengan meningkatnya logistic cost tersebut akan menjadi beban untuk pengusaha transportasi, karena menurut riset IAMI sekira 30 persen dari biaya operasional kendaraan adalah bahan bakar kendaraan itu sendiri.

Baca juga: 100 Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta: Toyota Avanza, Toyota Rush, Isuzu Panther, dan Daihatsu Xenia

"Dengan itu Isuzu tentunya memiliki kelebihan-kelebihan yang bisa memberikan solusinya seperti engine yang kita tawarkan merupakan DNA yang irit bahan bakar dan awet atau tahan lama. Jadi harapannya itu bisa membantu customer kita untuk meringankan biaya operasionalnya," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas