Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Nissan Bangun Pabrik Baru untuk Produksi Mobil Listrik di Sunderland, Inggris

Pabrik tersebut akan dioperasikan oleh Envision, mitra teknis Nissan untuk memasok paket daya yang lebih besar untuk Nissan Leaf buatan Inggris

Nissan Bangun Pabrik Baru untuk Produksi Mobil Listrik di Sunderland, Inggris
Autocar
Nissan Motor inves Rp 20 triliun untuk membangun pabrik mobil listrik di Sunderland, Inggris. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Nissan Motor mengkonfirmasi rencana perluasan pabriknya yang beroperasi di Sunderland, Inggris, dengan menginvestasikan dana 1 miliar poundsterling atau sekitar Rp 20 triliun untuk memproduksi baterai EV (Electric Vehicle) dan mobil listrik.

Pabrik tersebut akan dioperasikan oleh Envision, mitra teknis Nissan untuk memasok paket daya yang lebih besar untuk Nissan Leaf buatan Inggris, sejalan dengan aturan perdagangan luar negeri pasca-Brexit.

Fasilitas baru ini juga akan memasok power pack untuk semua mobil listrik Nissan, karena Nissan berambisi menciptakan "ekosistem manufaktur mobil listrik pertama di dunia".

Mengutip Autocar, Jumat (2/7/2021), pabrik atas investasi bersama dari Nissan, mitra produksi baterainya Envision AESC dan Dewan Kota Sunderland, akan memproduksi Crossover SUV 'EV36Zero'.

Baca juga: Nissan Juke Menjelma Jadi Mobil Rally, Tampangnya Makin Maco

Pabrik baterai khusus yang baru tersebut akan jauh melebihi kapasitas 1,9 GWh dari fasilitas yang ada dengan kapasitas akhirnya 35 GWh, sama dengan output situs Tesla di Nevada, Amerika.

Baca juga: Tata Motors Ngegas Produksi Mobil Listrik, Siapkan 10 Model Sampai 2025

Dengan Envision awalnya menginvestasikan 450 miliar Pounds, itu akan memasuki operasi dengan kapasitas 9 GWh, meningkat menjadi 25 GWh pada tahun 2030 dan kapasitas penuh sepuluh tahun kemudian, dengan investasi Envision akhirnya sebesar 1,8 miliar Pounds.

Nissan mengatakan akan memasok baterai hingga 100.000 EV-nya pertahun melalui fasilitas ini.

Setelah memproduksi baterai untuk Leaf dan van eNV200 di Inggris sejak 2012, Envision akan berusaha untuk "meningkatkan daya saing biaya baterai EV yang diproduksi di Inggris" dengan teknologi baterai 'Gen5' baru yang menawarkan kepadatan energi 30 persen lebih banyak untuk jangkauan yang lebih baik dan efisiensi.

Sebanyak 423 juta Pounds akan dialokasikan untuk RnD, diantaranya produksi crossover listrik baru yang menjanjikan styling kendaraan generasi berikutnya, efisiensi dan teknologi baterai, membuat peralihan ke penggerak listrik lebih mudah diakses. 

Sementara khusus Crossover SUV yang dibuat di sini akan menggunakan arsitektur CMF-EV yang sama seperti yang digunakan oleh Mégane E-tech baru dari Ariya dan mitra Aliansi Renault.

Tanggal mulai produksi belum diberikan, tetapi Leaf generasi saat ini akan keluar dari produksi sekitar tahun 2024, menunjukkan model baru tersebut dapat menjadi pengganti EV produksi perintis Nissan.

Fasilitas di Sunderland akan memproduksi EV baru untuk pasar Eropa, menciptakan 909 pekerjaan baru, sambil menjaga 75 posisi RnD.

Pabrik baru Nissan ini mewakili sekitar 6.200 pekerjaan di lokasi dan di seluruh rantai pasokannya, dengan 900 pekerja baru dibuat oleh Nissan dan 750 di Envision.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas