Tribun Otomotif

GIIAS 2021

Mild Hybrid Paling Cocok untuk Kendaraan Elektrifikasi di Indonesia, Suzuki: BBM 15% Lebih Irit

Kendaraan dengan teknologi Mild Hybrid paling cocok dikembangkan di Indonesia untuk menjawab tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Editor: Choirul Arifin
Mild Hybrid Paling Cocok untuk Kendaraan Elektrifikasi di Indonesia, Suzuki: BBM 15% Lebih Irit
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Teknologi Mild Hybrid (ISG) di mobil Suzuki. Teknologi ini mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 15 persen. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Suzuki Indonesia menegaskan, kendaraan dengan teknologi Mild Hybrid paling cocok dikembangkan di Indonesia untuk menjawab tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Alasannya, teknologi ini merupakan teknologi kendaraan elekrifikasi yang lebih murah karena hanya membutuhkan 5 sel baterai dan membuat kendaraan lebih efisien konsumsi bahan bakar di tengah masih mahalnya harga kendaraan elektrifikasi di Indonesia saat ini.

Mahardian Ismadi Brata - Asst To Design Development, Engineering Administration & Homologation Dept. Head PT. Suzuki Indomobil Motor mengatakan, teknologi Mild Hybrid merupakan teknologi hasil inovasi Suzuki yang disebut SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

"Teknologi ISG dapat menghemat BBM hingga 15 persen daripada mesin biasa," ungkap Mahardian di acara diskusi membedah Green Technology Suzuki di hari ketujuh pameran otomotif GIIAS 2021, Rabu (17/11/2021). 

SHVS dibangun dengan kombinasi perangkat ISG atau Integrated Starter Generator serta Lithium-Ion Battery.

"Kombinasi kedua perangkat ini membuat pengalaman berkendara menjadi jauh lebih baik, kinerja bahan bakar yang efisien, ringan, dan compact, sehingga sistem SHVS ini ideal untuk compact car. Teknologi seperti ini dikenal juga sebagai Mild Hybrid," ujar Mahardian.

Baca juga: Pembebasan PPnBM Bikin Penjualan Suzuki Melesat di Januari-Oktober 2021

Mahardian menjelaskan, Suzuki menghadirkan sistem ini berdasarkan hasil riset panjang yang sesuai dengan kebutuhan dan output yang diinginkan masyarakat.

Bisa Diaplikasikan di Model Apa Saja

Mahardian menambahkan, teknologi Mild Hybrid bisa diaplikasikan pada semua model kendaraan Suzuki yang dipasarkan di Indonesia dan di pasar global.

"Kami sangat berharap melalui riset-riset berikutnya sistem SHVS ini dapat diterapkan untuk kendaraan-kendaraan Suzuki, khususnya yang ada di Indonesia, sebagai komitmen kami memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen Suzuki,” ujarnya.

Baca juga: Meluncur di GIIAS, Ecstar Kini Punya Pelumas untuk Motor dan Mesin Tempel Kapal  

Halaman
12
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas