Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Melihat Keunggulan Bus Tingkat PO Primadona dari Karoseri New Armada

PO Primadona asal Sulawesi kembali menambah armada bus tingkat dari Karoseri New Armada.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Melihat Keunggulan Bus Tingkat PO Primadona dari Karoseri New Armada
DOK. NEW ARMADA
Bus AKAP baru PO Primadona 

Laporan Wartawan Tribunnews, Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PO Primadona asal Sulawesi kembali menambah armada bus tingkat dari Karoseri New Armada.

Kali ini, bus baru tersebut menggunakan model Skylander Double Decker dengan fitur sleeper di bagian dek bawah.

Lilik Prasetyawan, Business Advisor & Sales Karoseri New Armada menjelaskan, bus tingkat terbaru PO Primadona ini dipasang ke sasis Mercedes Benz 2542.

Baca juga: Jetbus Transit Bus Ramah Difabel Buatan Karoseri Adi Putro Diuji Coba di Solo

Dilansir dari Instagram @mercedesnenzid.bus Sasis Mercedes Benz 2542 sendiri merupakan Penamaan bis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 juga menggambarkan tentang peruntukkan & kapasitas bis itu sendiri.

“OC” memiliki arti sasis dilengkapi dengan konfigurasi mesin belakang & diproduksi di Mercedes-Benz Samano, Spanyol.

Angka “500” adalah seri dari tipe sasis, khususnya bis premium. Sedangkan “RF” adalah kode untuk bis Raised Floor dimana posisi lantai kabin lebih tinggi yang biasa cocok untuk kendaraan antar kota (jarak jauh).

BERITA TERKAIT

Keunggulan dari sasis bus ini adalah kelengkapan standar keamanan. Bus sasis terbaru ini sudah dilengkapi EBS (electronic braking system), anti-lock braking system (ABS), acceleration skid system (ASR), dan electronic stability program (ESP).

Seperti bus PO Primadona lainnya, bus berkelir kuning ini juga memakai livery bertema binatang. Untuk model terbaru kali ini, livery burung Cendrawasih dipasang pada bagian samping belakang bus.

Baca juga: Karoseri Laksana Kenalkan Versi Facelift Legacy SR-2 Single Glass dengan Sasis Anyar Hino RN8J

Soal desain eksterior, Skylander Double Decker ini bisa dibilang paling nyata bentuknya. Di bagian depan, model lampunya unik memberi kesan yang tegas.

Di kaca depan, tidak ada bando seperti bus tingkat buatan karoseri lainnya. Tidak hadirnya bando pada bus buatan Karoseri New Armada membuat tampilannya elegan, kaca depan terasa besar tanpa adanya sekat pemisah.

Kabin Penumpang

Terdapat tiga model bangku pada bus sepanjang 13,5 meter ini. Di dek bawah, ada dua bangku sleeper dan di belakangnya ada bangku dengan susunan 2-1 yang dilengkapi leg rest. Namun bus ini tidak dilengkapi dengan toilet. Hal ini karena sepanjang perjalanannya, melewati banyak rest area.

Baca juga: Harapan Duta Pertiwi Prediksi Permintaan Karoseri Truk Meningkat di 2022

Fitur Bus Primadona

Untuk sleeper, tersedia TV dan colokan USB, selain itu juga ada tombol untuk lampu. Di belakangnya ada juga TV untuk penumpang yang duduk di bangku 2-1

Beralih ke kabin atas, terdapat bangku dengan susunan 2-2 dengan leg rest. Semua bangku yang ada di bus ini menggunakan bahan beludru yang nyaman sehingga penumpang semakin betah untuk duduk di kabinnya. jika diperhatikan pada kaca samping atas, terdapat dua jendela geser yang ada di setiap sisinya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas