Tribun Otomotif

Bus Mercedes-Benz Euro 4 Akan Diluncurkan Tahun Depan, Apa Kabar Versi Listriknya?

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DVCI) siap meluncurkan bus Mercedes-Benz Euro 4.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Bus Mercedes-Benz Euro 4 Akan Diluncurkan Tahun Depan, Apa Kabar Versi Listriknya?
Icke Septiadji/dok
Bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dengan bodi Karoseri Adi Putro. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DVCI) siap meluncurkan bus Mercedes-Benz Euro 4.

Kabar itu dikemukakan Jung-Woo Park, President Director PT DCVI di acara buka puasa bersama media, Selasa (12/4/2022) petang.

Park tidak merinci tipe-tipe bus Mercedes-Benz Euro 4 yang akan diluncurkan tahun depan. Beberapa tipe bus Mercedes-Benz yang saat ini dipasarkan di market lokal adalah bus besar 12 meter 4x2 OH 1526, OH 1626 dan OH 1623 bermesin depan.

Baca juga: Siap Meluncur Juni di Indonesia, Daimler Sudah Jual Ratusan Unit Truk Axor Euro 4

DCVI juga memasarkan bus tronton 6x2 8 roda OC500 RF 2542. Untuk bus tipe ini Park dalam perbincangan dengan Tribunnews beberapa waktu lalu, menyatakan tidak akan lagi mendatangkan OC500 RF 2542 dari pabrik Daimler di Spanyol.

Sebagai gantinya, unit akan didatangkan dari pabrik Daimler di Brasil. Salah satu alasannya adalah agar harga jualnya bisa lebih kompetitif.

Di Indonesia, sasis modular Mercedes-Benz OC500 RF 2542 bersaing keras dengan K410IB dari Scania yang dipasarkan PT United Tractors Tbk dan sasis Volvo B11R yang diniagakan di market lokal oleh PT Indotruck Utama.

Baca juga: Produksi Truk dan Bus Daimler di Brasil Macet Karena Semikonduktor, 5.600 Karyawan Diliburkan

DCVI juga memasarkan bus medium dan bus midi ukuran 7 dan 9 meteran OF 917 bermesin depan 4.000 cc empat silinder yang kini unitnya makin luas digunakan oleh operator transportasi, terutama di Pulau Jawa.

Bus listrik

Jung-Woo Park menjelaskan, pihaknya juga serius melakukan studi untuk bus listrik baik untuk bus listrik berukuran besar (panjang sekitar 12 meter) maupun bus listrik ukuran medium untuk dipasarkan di Indonesia.

Secara tersirat untuk bus listrik ini, PT Transjakarta akan menjadi salah satu target pasarnya di market lokal bagi DCVI. Jung-Woo Park tidak menyebutkan spesifikasi bus listrik yang sedang dikaji untuk dijual di market lokal.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas