Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Perjalanan Truk Axor di Indonesia, 2016 Diimpor CBU dari India, Kini Diproduksi CKD di Wanaherang

Saat pertama kali dipasarkan di 2016, truk Axor masih diimpor dalam bentuk utuh alias completely built up (CBU).

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Perjalanan Truk Axor di Indonesia, 2016 Diimpor CBU dari India, Kini Diproduksi CKD di Wanaherang
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Truk Mercedes-Benz Axor 2528C dipamerkan di GIICOMVEC 2020 di JCC Senayan, Jakarta, 5-8 Maret 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perlahan namun pasti, truk-truk terbaru Mercedes-Benz berkapasitas di atas 10 ton mulai mendapat tempat di hati pengusaha.

Pertama kali dipasarkan di 2016, truk Mercedes-Benz Axor yang menjadi tulang punggung penjualan Daimler di Indonesia, sudah menguasai 9,1 persen pangsa pasar dengan membukukan total penjualan sebanyak 17.993 unit di Indonesia.

Truk Axor yang diniagakan di Indonesia diproduksi di pabrik Daimler di Chennai, India.

Pabrik ini juga memproduksi dan merakit truk dan bus Bharat Benz untuk pasar lokal India dan pasar Asia, terutama Asia Selatan.

Saat pertama kali dipasarkan di 2016, truk Axor masih diimpor dalam bentuk utuh alias completely built up (CBU).

Baca juga: Tiga Mercedes-Benz Axor Baru Siap Rilis, DCVI Incar 10 Persen Market Share di Pasar Truk Indonesia

Kemudian, karena tes pasar dinilai bagus, setahun berikutnya PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) percaya diri merakitnya secara lokal dalam, completely built up (CKD) di pabrik DCVI di Wanaherang, Bogor.

Produksi pertama truk ini dimulai di September 2017 untuk 2 model yakni Axor 2528R dan Axor 2528C.

Baca juga: Siap Meluncur Juni di Indonesia, Daimler Sudah Jual Ratusan Unit Truk Axor Euro 4

BERITA TERKAIT

Setahun kemudian, di Januari 2018 PT DCVI resmi berdiri sebagai entitas bisnis yang khusus memasarkan kendaraan niaga truk dan bus Mercedes-Benz di Indonesia, terpisah dari unit bisnis Mercedes-Benz yang memasarkan kendaraan penumpang di Indonesia.

Dua tahun kemudian di Februari 2020, berdiri PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) untuk memaksimalkan lokalisasi perakitan truk Axor di Indonesia.

Baca juga: Daimler Segera Luncurkan Truk Axor Euro 4 Berteknologi SCR di Indonesia, Ini Lima Keunggulannya

DCVMI saat ini merakit secara lokal (CKD) dan IKD untuk 4 tipe truk Axor untuk pasar lokal. Yakni, Axor 2528C untuk sektor konstruksi tipper/dump truck, Axor 2528 RMC, Axor 4028T tractor head dan Axor 4928T tractor head.

Head of Product Management and Marketing PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) Faustina mengatakan, tiga model terbaru truk Axor Euro 4 dirakit di pabrik Daimler di Wanaherang, dan diluncurkan tahun ini. 

“Tiga model Axor tersebut akan membuat opsinya akan bertambah dari empat menjadi tujuh, satu adalah tractor head untuk kebutuhan sektor logistik," ungkapnya di acara buka puasa bersama media di Jakarta baru-baru ini.

Beberapa keunggulan truk Axor adalah putaran mesin yang tetap rendah di kecepatan tinggi, dan penggunaan Direct Injection Pump dengan Engine Management System.

Untuk memudahkan driver menjaga konsumsi bahan bakar tetap efisien, truk ini dilengkapi variable green band di dasbornya, serta indikator penggantian kampas kopling secara berkala dan fitur Start/Stop button di engine room.

Untuk fitur keselamatan, truk ini dilengkapi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Constant Throttle Valve Engine Brake dan lampu LED.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas