Tribun Otomotif

Pasang Home Charging untuk Mobil Listrik, Biaya Instalasi Baru Mulai Rp 850.000

Pertumbuhan penjualan kendaraan listrik di Tanah Air juga dibarengi dibangunnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pasang Home Charging untuk Mobil Listrik, Biaya Instalasi Baru Mulai Rp 850.000
Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi: Petugas mengecek EV Charging di Booth PLN, Periklindo Electric Vehicles Show (PEVS) JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertumbuhan penjualan kendaraan listrik di Tanah Air juga dibarengi dibangunnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU.

Akan tetapi, jumlah SPKLU yang terhitung masih sedikit dan belum tersebar di seluruh wilayah Indonesia membuat pemilik mobil listrik akan sangat kesulitan saat akan mengisi daya.

Pilihannya ialah mengisi daya mobil listrik di rumah menggunakan charging bawaan yang didapatkan saat membeli unitnya.

Untuk mengisi daya mobil listrik, daya listrik rumah tangga yang diperlukan mulai dari 2.200 Watt, seperti digunakan Wuling Air Ev.

Baca juga: Toyota Inves 5,3 Miliar Dolar AS untuk Pabrik Baterai EV di Jepang dan AS

Guna memudahkan masyarakat mengakses pengisi daya kendaraan listrik, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyajikan program stimulus untuk memberikan kemudahan bagi pemilik kendaraan listrik, khususnya mobil listrik.

Dikutip dari laman website PLN, perusahaan pelat merah tersebut mengadakan program promo "Super Everyday" diberikan bagi pelanggan yang ingin malakukan penyambungan baru (PB) untuk pengisian daya dirumah atau home charging.

Super Everyday bisa diikuti oleh semua golongan tarif pelanggan PLN, dengan rincian pelanggan tegangan rendah (TR) 1 Fasa sampai dengan daya 7.700 VA dan pelanggan TR 3 Fasa sampai dengan daya 13.200 VA.

Adapun pemberian harga spesial bagi pelanggan 1 Fasa hanya membayar Rp 850.000 dengan pilihan daya akhir 7.700 VA, sementara pelanggan 3 Fasa hanya membayar Rp 3,5 juta dengan pilihan daya akhir 13.200 VA.

Tidak hanya itu, pelanggan PLN juga akan mendapatkan diskon tarif tenaga listrik sebesar 30 persen pada pukul 22.00 WIB – 05.00 WIB atas pemakaian dari home charging.

EVP Corporate Communication & CSR PLN, Agung Murdifi mengatakan promo Super Everyday merupakan strategi PLN mendukung para pengguna mobil listrik untuk melakukan pengisian baterai di rumah masing-masing.

Baca juga: Kendaraan Listrik Makin Banyak Peminat, PLN Gencar Tawarkan Kemitraan SPKLU

"Layanan yang dihadirkan sebagai bentuk dukungan proaktif terhadap program Pemerintah untuk percepatan penggunaan mobil listrik melalui pemberian stimulus, khususnya pelanggan PLN, dengan menghadirkan kemudahan dan keleluasaan dalam memanfaatkan listrik dari PLN," ungkap Agung dikutip dari laman website PLN, Senin (12/9/2022).

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas