Tribun Otomotif

Viral Video Honda All New HR-V Berjalan Tanpa Pengemudi, Tetap Bahaya Meski Pakai Fitur Ini 

Meski sudah menggunakan fitur ACC + LSF, All New HR-V sejatinya bukan murni kendaraan otonom atau tanpa awak

Penulis: Lita Febriani
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Viral Video Honda All New HR-V Berjalan Tanpa Pengemudi, Tetap Bahaya Meski Pakai Fitur Ini 
capture Instagram
Viral video unggahan akun Instagram @dudeeagustyadi yang menunjukkan penggunaan fitur Adaptive Cruise Control With Low Speed Follow (ACC + LSF) di Honda All New HR-V. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Viral video unggahan akun Instagram @dudeeagustyadi yang menunjukkan penggunaan fitur Adaptive Cruise Control With Low Speed Follow (ACC + LSF) di Honda All New HR-V

Sayangnya, penggunaan fitur ini tidak dibarengi oleh pengawasan dari pengemudi di kursinya.

Dari video sang pengunggah, menunjukkan dirinya berada di kursi depan baris penumpang, sementara pada kursi pengemudi tidak ada orang dan baris penumpang kedua pun kosong.

Baca juga: Imbas Krisis Suku Cadang, Honda Pangkas Produksi Mobil hingga 40 Persen di Jepang

Meski sudah menggunakan fitur ACC + LSF, All New HR-V sejatinya bukan murni kendaraan otonom atau tanpa awak. Jadi, penggunaannya harus masih dikontrol oleh pengemudi yang wajib berada di kursinya. 

Sebagai informasi, Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) bekerja dengan membuat mobil melaju secara otomatis pada kecepatan yang konstan saat tidak ada kendaraan lain di depan mobil.

Akan tetapi, ketika ada kendaraan di depan, maka kecepatan mobil akan menyesuaikan kecepatan kendaraan dan dapat mengatur jarak aman sesuai yang diinginkan pengendara dengan mobil didepannya.

Dikutip dari website resmi Honda Indonesia, fitur Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) diciptakan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan di perjalanan, sehingga pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas terus menerus.

Namun, pengemudi juga harus tetap waspada, karena fitur ini digunakan untuk membantu mengurangi dampak dari kecelakaan, ia tidak dapat mengambil alih pengendaraan mobil Anda sepenuhnya.

Sebagai pengendara tetap bertanggung jawab penuh atas keselamatan di perjalanan, dengan tetap waspada memperhatikan kondisi jalan di sekitar, memastikan kedua tangan tetap di lingkar kemudi dan menginjak pedal rem saat dibutuhkan.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy, menjelaskan fitur Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) yang masuk dalam teknologi keamanan Honda Sensing adalah teknologi keselamatan yang bekerja sebagai pendukung pengemudi untuk berkendara dengan aman.

Baca juga: Sudah Pakai Honda Sensing, City Hatchback RS Terbaru Siap Dibeli

"Sistem Honda Sensing bukan termasuk sistem autopilot karena tetap membutuhkan pengendalian dan peran dari pengemudi. Honda Sensing membantu pengemudi untuk selalu berkendara dalam kondisi yang aman, memberikan peringatan, koreksi bahkan mengambil tindakan secara otomatis jika ada potensi terjadi kecelakaan," tutur Billy saat dihubungi Tribunnews.com, Sabtu (1/10/2022).

Billy menambahkan, meskipun Honda Sensing bukan sepenuhnya autopilot, namun sistem ini sangat berguna untuk membantu pengemudi, termasuk pengemudi pemula untuk berkendara lebih aman.

Jika pengemudi belum terbiasa dengan sistem ini, ada juga opsi untuk menonaktifkan Honda Sensing. 

"Honda Sensing tetap membutuhkan pengemudian dari pengemudi dan bahkan memberikan peringatan atau notifikasi bila pengemudi terdeteksi seperti dalam keadaan mengantuk. Meskipun didukung dengan sistem Honda Sensing, pengemudi tetap harus memegang kendali penuh untuk mengendarai mobilnya, sehingga pengemudi tidak boleh melepaskan fokus dan pengendalian mobil," jelasnya.

Oleh karenanya, video yang diunggah akun @dudeeagustyadi tersebut dinilai sangat berbahaya jika nantinya ditiru pengemudi lain. 

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas