Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pantai Pandawa Bali Tuan Rumah Kompetisi Modifikasi BlackAuto Battle Seri 2

Kompetisi car tuning BlackAuto Battle (BAB) 2022 kembali digelar menjelang penghujung tahun ini dan mengambil tempat di Pantai Pandawa

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pantai Pandawa Bali Tuan Rumah Kompetisi Modifikasi BlackAuto Battle Seri 2
istimewa
Kompetisi car tuning BlackAuto Battle (BAB) 2022 kembali digelar menjelang penghujung tahun ini dan mengambil tempat di Pantai Pandawa, Bali, sebagai seri ke-2 untuk Region Timur. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Kompetisi car tuning BlackAuto Battle (BAB) 2022 kembali digelar menjelang penghujung tahun ini dan mengambil tempat di Pantai Pandawa, Bali, sebagai seri ke-2 untuk Region Timur.

Bali dipilih jadi tuan rumah lantaran dinilai mengalami kemajuan pesat dalam industri car tuning, seiring dengan semakin mudahnya akses transportasi serta informasi, dibuktikan dengan semakin banyaknya rumah-rumah modifikasi, installer dan bagian industri car tuning lainnya yang membangun bisnisnya di pulau ini.




"Animo Bali dan sekitarnya sangat baik, terbukti semua slot pertandingan terisi maksimal terutama pada kelas Contest dan Culture," kata Boy Prabowo perwakilan pelaksana BlackAuto Battle dalam keterangan resmi yang dikutip hari ini, Minggu, 6 November 2022

Alasan lainnya, berpotensi sebagai trendsetter dunia car tuning dan juga berperan sebagai lokomotif industri, terutama untuk modifikasi dan car audio.

Baca juga: Sentuhan Maxdecal di Limousine Mercedes-Benz 500SEL Pukau Pengunjung Kontes Modifikasi di Senayan

Boy mengatakan, kompetisi BlackAuto Battle seri Bali digelar pada 29 Oktober 2022 dengan pengkategorian lomba, sistem pertandingan, penjurian, metode penilaian serta aturan lainnya dalam kompetisi ini sudah dirancang sedemikian rupa dengan mengedepankan aspek fairness dan terukur baik.

Kali ini pihaknya menggandeng tiga asosiasi Internasional untuk terlibat langsung melakukan penjurian pada kelas Black Out Loud yaitu EMMA (Eropa), CAN (Indonesia/Asia) dan MECA (Amerika Serikat).

BERITA TERKAIT

Ini merupakan kali pertama bagi peserta di Bali merasakan langsung aroma kompetisi dengan tiga asosiasi sekaligus.

Dia mengatakan, enggandeng asosiasi APACT (Asia Pacific Car Tuning) sebagai wadah penjurian, merupakan sebuah hal baru dan yang pertama dilakukan agar penjurian dapat dilakukan dengan fair menggunakan metode terukur sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan.

Black Out Loud

Black Out Loud terbagi dalam tiga kelas pertandingan yang mewakili genre berbeda, yaitu SQ, SQL dan SPL.

SQ atau Sound Quality adalah sebuah genre hi-end dalam dunia car audio yang mencari tonal akusari, staging, imaging serta listening pleasure dengan menggunakan perangkat software yang sudah ditentukan.

Sementara SQL atau Sound Quality Loud adalah konsep penilaian penggabungan antara nilai SQ dan SPL dengan penilaian dilihat dan didengar diluar kabin mobil.

Juri SQL tahun ini adalah salah satu professional audio dibidang speaker builder, speaker dan pasif designer sekaligus salah satu international judge, Maslim Djanuanto.

Baca juga: Kontes Modifikasi IAM BOS Janjikan Konsep Baru Pesta Otomotif, Digelar di Ancol pada Desember 2022

Selain itu ada kelas SPL atau Sound Preassure Level, sebuah kompetisi adu kencang car audio dengan satuan desibel yang dikur dengan alat ukur profesional terbaru di dunia, Term Lab Magnum.

Term Lab merupakan alat ukur yang digunakan oleh hampir semua asosiasi pertandingan car audio dunia, dan BlackAuto Battle mengunakan seri terbaru Magnum sekaligus menjadi event nasional pertama di Indonesia yang menggunakan alat ukur ini.

Kompetisi BlackAuto Battle Bali juga dimeriahkan aksi-aksi panggung dalam suasana khas BlackAuti Battle dan deretan booth yang menghadirkan berbagai produk dan aksesoris terkemuka bernuansa otomotif lewat Black Market.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas