Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Penjualan Sepeda Motor Tumbuh, Pasar Pelumas Nasional Diprediksi Semakin Terkerek

Tumbuhnya industri kendaraan roda dua juga menjadi daya tarik untuk produk aftersales seperti pelumas.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in Penjualan Sepeda Motor Tumbuh, Pasar Pelumas Nasional Diprediksi Semakin Terkerek
Shutterstock
Ilustrasi oli motor. data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor sepanjang 2021 mencapai 5.057.516 unit tumbuh 38 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tumbuhnya industri kendaraan roda dua juga menjadi daya tarik untuk produk aftersales seperti pelumas.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor sepanjang 2021 mencapai 5.057.516 unit tumbuh 38 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sementara itu, penjualan motor pada periode Januari - Oktober 2022 telah mencapai 4.149.947 unit atau 81,4 persen dari target 5,1 juta unit.

Baca juga: Permintaan Meningkat, Pana Oil Garap Pelumas Roda Empat

Bardahl Indonesia menilai pasar oli roda dua maupun roda empat di Tanah Air kian menjanjikan seiring dengan terus bertumbuhnya penjualan kendaraan bermotor.

"Masih sangat menjanjikan, khususnya untuk pasar oli kendaraan roda dua di Indonesia. Dari penjualan sepeda motor yang tiap tahunnya mengalami peningkatan menjadi peluang bagi bagi produsen oli, termasuk Bardahl," tutur VP Bardahl Indonesia-Pudjijarto Sutjipto, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Pabrik Oli Shell Marunda Kini Sanggup Produksi 300 Juta Liter Pelumas per Tahun

Pertumbuhan penjualan sepeda motor akan sejalan dengan peningkatan permintaan pelumas atau oli.

BERITA REKOMENDASI

Pasar oli di dalam negeri disebut juga kompetitif, karena banyak masyarakat Indonesia yang sudah memahami tentang spesifikasi oli, sehingga tidak sembarangan dalam memilih pelumas yang berkualitas sesuai dengan kendaraannya. Bardahl mempertimbangkan harga agar dapat bersaing dengan produsen lainnya.

Baca juga: Eneos NXP Launching Dua Pelumas Khusus Skuter di IMOS 2022

"Harga yang direkomendasikan Bardahl sangat kompetitif, dengan spesifikasi Ester Technology membuatnya lebih unggul dan lebih bagus dari pesaing lainnya," ungkap Pudjijarto.

Pudjijarto menjelaskan, masing-masing produk pelumas sudah memiliki segmennya sendiri sehingga Bardahl Indonesia tidak akan khawatir dengan harga oli yang lebih murah di pasar.

"Kami percaya diri dan optimistis dengan oli Bardahl karena mengusung keunggulan teknologi dan kualitas," imbuhnya.

PT Pelayanan Oli Spesialis, perwakilan resmi merek pelumas dan zat aditif Bardahl Indonesia, meluncurkan enam varian baru pelumas Bardahl dengan berbagai keunggulan dan spesifikasi, yaitu fully synthetic dan sintetik dengan jenis kemasan 0,8 dan 1 liter serta berbagai pilihan kekentalan (SAE).

Semua varian baru ini juga memenuhi berbagai standar seperti American Petroleum Institute (API) dan Japanese Automotive Standard Association (JASO) baik JASO MA (kendaraan transmisi manual) maupun JASO MB (skutik).

Oli Bardahl yang hadir untuk pasar Indonesia ini terdiri atas empat varian untuk sepeda motor bertransmisi manual dan dua varian khusus untuk motor skutik (matic).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas